Gantikan Lukman Hakim, Ini Tugas Menag Fachrul Razi dari Presiden Jokowi

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Rabu 23 Oktober 2019 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 23 614 2120652 gantikan-lukman-hakim-ini-tugas-menag-fachrul-razi-dari-presiden-jokowi-0U4RNtJL6i.jpg Fachrul Razi. Foto: Okezone

FACHRUL Razi ditunjuk sebagai Menteri Agama periode 2019-2024 oleh Presiden Joko Widodo. Selain melaksanakan tugas-tugas pokok, pria asal Aceh itu juga diminta mendukung visi misi bidang keagamaan Kabinet Indonesia Maju.

Sebagaimana arahan Jokowi saat pengumuman kabinet, Fachrul Razi diminta untuk menangani radikalisme. Ini merupakan isu yang hangat dalam lima tahun terakhir.

Tugas berikutnya yang ditekankan Jokowi kepada Fachrul adalah menumbuhkan ekonomi umat serta mengurus industri halal.

Fachrul Razi. Foto: Okezone

Kemenag sendiri mulai 17 Oktober 2019 resmi menangani sertifikasi halal, sesuai dengan UU Jaminan Produk Halal. Perlu diketahi bahwa sebelumnya sertifikasi halal diterbitkan oleh Majelis Ulama Indonesia. Namun karena undang-undang tersebut telah disahkan, maka kewenangannya diambil oleh Kemenag.

Lebih lanjut, tugas berikutnya untuk Fachrul Razi adalah meningkatkan pelayanan haji.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

"Bapak Jenderal (purn) Fachrul Razi sebagai menteri agama. Ini urusan (Menag) berkaitan dengan radikalisme, ekonomi umat, industri halal saya kira, dan terutama haji berada di bawah beliau," demikian tugas Fachrul disampaikan Jokowi saat mengumumkan nama-nama menteri yang tergabung dalam Kabinet Indonesia Maju di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Saat pengumuman tersebut Jokowi menegaskan bahwa menteri tidak boleh mengusung visi misi masing-masing. Semua harus bekerja berdasarkan visi misi Kabinet Indonesia Maju.

"Tidak ada visi misi menteri, adanya visi misi Presiden dan Wakil Presiden," ucapnya.

Sementara itu perlu diketahui bahwa sepanjang karirnya Fachrul Razi lebih lama berkutat di bidang militer. Pria kelahiran 26 Juli 1947, Banda Aceh, ini merupakan lulusan Akademi Militer 1970.

Berbagai jabatan penting ia emban di tubuh TNI. Namun karirnya baru melejit saat tokoh Nahdatul Ulama (NU) Abdurrahman Wahid (Gus Dur) menjabat Presiden ke-4 RI.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya