nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Umat Terbaik Setelah Nabi, Ini 10 Sahabat Rasulullah yang Dijamin Masuk Surga

Viola Triamanda, Jurnalis · Selasa 29 Oktober 2019 14:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 29 330 2123097 umat-terbaik-setelah-nabi-ini-10-sahabat-rasulullah-yang-dijamin-masuk-surga-603TCInd4u.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

DALAM menjalani hidup umat Islam memiliki dua pegangan, yakni Alquran dan hadits. Hadits sendiri merupakan sabda Rasulullah yang disampaikan oleh para sahabat Nabi Muhammad SAW.

Sahabat Nabi Muhammad itu sangat banyak, mereka adalah orang-orang terbaik di zaman perjuangan Islam. Lalu tahukah Anda ada 10 sahabat Nabi yang dijamin masuk syurga?

Dikutip dari buku “10 Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga” karya Muhammad Ahmad Isa, disebutkan bahwa dalam hadits sahih; diriwayatkan oleh At-Tarmidzi (No.2946) dan Ahmad (No.1675), Syaikh Ahmad Syakir dan Syaikh Al Albani, Rasulullah bersabda:

 

"Abu bakar masuk Surga, Umar masuk Surga, Utsman masuk Surga, Ali masuk Surga, Thalhah masuk surga, az-Zubair masuk Surga, Abdurrahman bin Auf masuk Surga, Sa'ad bin abu Waqqash masuk surga, Sa'id bin Zaid masuk Surga, dan Abu Ubaidah bin al-Jarrah juga masuk Surga."

Lebih lanjut sahabat Nabi Muhammad yang dijamin masuk surga juga dijelaskan dalam sejumlah hadits lain. Hadist ini saling memperkuat satu sama lain.

Contohnya dalam hadits shahih; diriwayatkan oleh Ahmad (No.1631). Syaikh Ahmad Syakir menshahihkan, disebutkan bahwa dari dari Sai’id bin Zaid, ia bercerita; bahwasannya ia pernah mendengar Rasulullah bersabda:

 

"Nabi (Muhammad) masuk surga, Abu Bakar masuk Surga, Umar masuk Surga, Utsman masuk Surga, Ali masuk Surga, Thalhah masuk Surga, az-Zubair masuk Surga." Sa'id pun berkata : "Andaikata aku mau, akan kusebutkan orang yang kesepuluh." Kemudian Sa'id memberitahukan bahwa orang kesepuluh itu adalah dia sendiri.

Sebagian ulama mengumpulkan nama-nama sahabat yang dijamin masuk Surga itu dalam syair berikut :

Nabi punya Sahabat-Sahabat terbaik yang dia jamin berada di Surga abadi, dan itu menambah kemuliaan mereka, mereka itulah Thalhah, Ibnu Auf, az-Zubair, Abu Ubaidah, dua sa'ad, dan para Khalifah.

Lebih lanjut, yang dimaksud dua Sa'ad adalah Sa'ad bin Abu Waqqash dan Sa'id bin zaid. Sementara yang dimaksud para khalifah adalah empat orang khalifah, yaitu Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali.

Sepuluh sahabat di atas merupakan umat terbaik setelah Nabi. Mereka juga akan menjadi ahli atau penghuni Surga yang utama.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini