nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wanita Lebih Suka Pria Berjanggut, Ini Alasannya

Fadhilah Annisa, Jurnalis · Kamis 31 Oktober 2019 09:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 31 614 2123946 wanita-lebih-suka-pria-berjanggut-ini-alasannya-QoHUKaHl2M.jpg Ilustrasi. Foto: Popular

JANGGUT menjadi salah satu daya tarik bagi laki-laki. Banyak wanita di luar sana yang memilih pria berjanggut sebagai tipe ideal mereka.

Seputar pria berjanggut juga dikaji dalam Islam. Janggut merupakan salah satu fithrah atau perhiasan bagi laki-laki, seperti yang dijelaskan dalam hadits berikut;

عَشْرٌ مِنْ الْفِطْرَةِ قَصُّ الشَّارِبِ وَإِعْفَاءُ اللِّحْيَةِ وَالسِّوَاكُ وَاسْتِنْشَاقُ الْمَاءِ وَقَصُّ الْأَظْفَارِ..

“Sepuluh perkara yang termasuk fithrah: Memotong kumis, memelihara janggut, bersiwak, memasukkan air ke dalam hidung, memotong kuku….” (HR. Muslim)

Ulama menyebutkan bahwa janggut adalah perhiasan bagi laki-laki, artinya jika laki-laki memiliki janggut, maka ia lebih terlihat jantan, gagah dan lebih maskulin.

Al-Gazali berkata,

فإن اللحية زينة الرجال …وبها يتميز الرجال عن النساء

“Sesungguhnya janggut adalah perhiasan para lelaki… dengan janggut akan terbedakan antara laki-laki dan wanita” (Ihyaa ‘Uluumid-Diin 2/257).

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Selain janggut menjadi fitrah bagi laki-laki, ternyata para kaum hawa menyukai penampilan laki-laki yang berjanggut. Itulah alasan mengapa mengenakan janggut telah menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir.

Wanita menilai pria berjanggut lebih tampan sehingga meningkatkan peluang lelaku berjanggut untuk menemukan pasangan hidup lebih cepat. Belum lagi fakta bahwa janggut membantu pria menonjol dari kerumunan.

Para ilmuwan dari beberapa universitas DI Australia serta Universitas Turku di Finlandia semakin tertarik dengan kecenderungan ini dan memutuskan untuk mencari tahu bagaimana janggut memengaruhi sikap wanita terhadap fitur maskulin ini dan mempelajari alasan di balik preferensi semacam itu.

Sekira 8.500 wanita diundang untuk ambil bagian dalam penelitian ini, dan ditunjukkan foto pria yang sama. Di setiap set ada satu foto pria yang dicukur bersih, foto yang menunjukkan pria dengan janggut bercahaya, dan janggut penuh di foto terakhir.

Para peserta diminta untuk menilai daya tarik pria ini, dan apakah mereka akan mempertimbangkan untuk menjalin hubungan jangka panjang atau jangka pendek dengan lelaki dalam foto itu.

Sebagian besar wanita mencatat bahwa mereka menemukan pria berjanggut lebih baik dan ingin memiliki hubungan jangka panjang dengan mereka, sementara wajah yang dicukur bersih lebih dipilih untuk hubungan jangka pendek.

Kemungkinan para wanita tersebut menilai pria berjanggut lebih tangg; "sinyal sifat tangguh intrasexual dan potensi untuk memberikan manfaat langsung kepada wanita," demikian dilansir dari laman Brightside pada Kamis (30/10/2019).

Selain itu, janggut dinilai cenderung melembutkan fitur yang dianggap terlalu maskulin atau bahkan feminin, sehinga membuat pria terlihat lebih menarik. Secara keseluruhan, janggut diketahui berfungsi menyeimbangkan wajah pria yang terlihat terlalu maskulin.

Janggot menambah pesona bagi mereka yang dianggap serius selamanya karena janggut menunjukkan seseorang memiliki keinginan untuk melepaskan diri dari dunia anak muda yang bersenang-senang. Dan yang tak kalah pentingnya, janggot mendukung mereka yang ingin memasuki hubungan serius yang dikenal sebagai hubungan jangka panjang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini