Share

Lagi Diet? Ini 6 Makanan Sunah yang Bisa Kamu Konsumsi

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 05 November 2019 13:47 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 05 614 2125947 lagi-diet-ini-6-makanan-sunah-yang-bisa-kamu-konsumsi-Pz3Kua1lgE.jpg Madu makanan sunah (Foto: Well Tunned)

Sedang berdiet? Kamu bisa mencoba makanan sunah agar badan makin sehat. Sebab sejatinya diet bukan hanya untuk menurunkan berat badan namun juga untuk menjaga kesehatan tubuh.

Umat Islam disunahkan untuk menjalani kehidupan yang sehat agar tetap sehat secara fisik dan mental. Salah satu caranya bisa dengan memasukkan enam jenis makanan sunah yang dikonsumsi oleh Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti dilansir Halal Zilla, ini enam makanan sunah yang bisa kamu konsumsi saat sedang berdiet:

1. Kurma

 kurma

Kurma dimakan oleh umat Islam terutama selama bulan Ramadhan, kurma sebenarnya merupakan sumber vitamin dan mineral. Kurma sangat bergizi sehingga Nabi Muhammad SAW dulu menanam pohon kurma sendiri! Kurma itu rendah lemak, sumber serat makanan, banyak vitamin A, kalium, kalsium, dan bebas dari kolesterol yang bagus untuk kesehatan tubuh. Untuk mengonsuminya, sebaiknya dimakan dalam jumlah ganjil, seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW

2. Madu

Dalam hadits, madu disebutkan sebagai obat dari segala penyakit tubuh. Madu memiliki manfaat internal dan eksternal yang tak terhitung jumlahnya. Mulai dari sebagai sumber energi yang besar, memperkuat perut, melancarkan pencernaan, menghilangkan dahak dan bahkan mengurangi rasa lelah pada otot.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Buah ara

 buah ara

Saking bermanfaatnya, buah ara disebut sebagai buah dari surga. Buah yang bisa dimakan dalam keadaan segar maupun kering. Buah ara memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah ara merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik seperti zat besi, sumber serat yang baik. Selain itu buah ara juga dapat membantu meringankan sembelit dan membantu perut merasa kenyang.

4. Barley (jelai)

Banyak orang yang minum jelai direndam sebagai cara untuk menyembuhkan batuk dan sakit tenggorokan. Makanan sunah ini juga biasanya direkomendasikan untuk menyembuhkan panas dan demam karena antioksidan yang terkandung di jelai. Untuk tubuh, jelai saat dikonsumsi membantu dalam mengendalikan kadar gula darah, menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol dan memperbaiki pencernaan.

 5. Semangka

 semangka

Selain segar dan enak, buah semangka juga banyak manfaatnya loh! Mengonsumsi semangka meringankan rasa sakit dan nyeri otot, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah refluks asam dan batu ginjal. Semangka juga dikenal dapat meningkatkan kesehatan mata dan melindungi kulit. Untuk cara makannya, menurut para sahabatnya, Rasul akan mengkonsumsi semangka dengan kurma yang sudah matang.

6. Susu

Diet minum susu? Justru susu yang disebutkan dalam surat An‐Nahl ayat 66 ini, dengan segala kebaikannya disarankan untuk dikonsumsi. Susu adalah sumber nutrisi yang bagus seperti kalsium, protein, hingga kalium. Tidak hanya membantu membuat tulang dan gigi sehat, mengonsumsi susu juga bisa memperbaiki otot dan menjaga sel.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini