nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Menyentuh Hati, Perempuan Bule Donorkan Hatinya untuk Anak Muslim

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 12 November 2019 18:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 12 614 2128965 kisah-menyentuh-hati-perempuan-bule-donorkan-hatinya-untuk-anak-muslim-7vQDVyCNJA.jpg Aya dan Ahmad bertemu Becky (Foto: Cleveland Clinic)

Seorang perempuan bule Amerika Serikat rela mendonorkan hatinya untuk Ahmad Have, putra Aya yang berasal dari Uni Emirat Arab (UEA).

Sebelumnya, Aya dan Ahmad Have yang masih kecil tak pernah bertemu dengan perempuan bule yang baik hati tersebut.

 Aya, Ahmad, dan Becky

Rupanya pendonor hati untuk Ahmad merupakan seorang perempuan yang tinggal di New York. Ia bernama Becky Cable.

Meskipun mereka tak mengenal satu sama lain, namun rasa cinta dan kemanusiaan Becky untuk Ahmad kecil sangatlah besar. Ia rela mendonorkan hatinya demi Ahmad.

Sepotong hati Becky mampu menyelamatkan hidup Ahmad. Ia memberikannya melalui operasi donasi organ.

Ahmad sendiri merupakan penderita gagal hati karena penyakit genetik yang sangat jarang. Demi kesembuhannya, Ahmad dan ibunya traveling dari Abu Dhabi menuju Amerika Serikat untuk mendapatkan transplantasi hati dari Becky di Klinik Cleveland. Hati Becky merupakan hati yang paling cocok untuk Ahmad.

“Saya merasa Ahmad adalah bagian hidupku. Dia merupakan keluargaku," ujar Becky.

"Kamu menyelamatkan hidupku. Karena hidupnya (Ahmad) adalah hidupku," ujar Aya kepada Becky. Ia sangat berterima kasih kepada Becky yang rela membagikan hatinya demi anaknya.

"Dia (Ahmad) sangat indah, sangat sehat, sangat hidup," ujar Aya.

Sebelum mendapatkan donor hati dari Becky, Ahmad terkena penyakit Progressive Familial Intrahepatic Cholestasis (PFIC). Tanda-tanda penyakit ini terlihat saat Ahmad berusia dua tahun.

Dia menderita sakit kuning, gatal-gatal parah, hatinya memburuk dan menyebabkan penumpukan racun dalam aliran darahnya. Dengan donor hati Becky, kini Ahmad sehat kembali.

Kisah ini memang terjadi beberapa tahu lalu. Namun kebaikan hati Becky dan rasa kemanusiaannya yang sangat besar pantas kita contoh.

Mereka menunjukkan kasih sayang antar sesama manusia tanpa melihat latar belakang ras, agama, dan budaya. Dalam Alquran sendiri disebutkan manusia diciptakan berbeda-beda agar saling mengenal.

Alquran Surat Al-Hujurat Ayat 13

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَىٰ وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini