nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Komisi Agama DPR Dukung Jamaah Umrah Berangkat dari Asrama Haji

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Sabtu 16 November 2019 13:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 16 614 2130690 komisi-agama-dpr-dukung-jamaah-umrah-berangkat-dari-asrama-haji-fghD951Rs7.jpg Ilustrasi. Foto: Istimewa

PADA umumnya jamaah umrah berangkat dengan memanfaatkan jasa travel, dan biasanya langsung diberangkatkan dari bandara. Namun mulai 2020 pemberangkatan seperti ini tidak berlaku lagi untuk pemberangkatan dari Kota Makassar.

Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) menyatakan bahwa pada dua tahun mendatang, rencananya akan diterapkan kebijakan memberangkatkan jamaah umrah asal Makassar dari Asrama Haji.

Ketua Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VIII DPR RI yang membidangi agama, Ihsan Yunus, usai meninjau Sarana Prasarana Asrama Haji Sudiang, di Makassar, mendukung kebijakan tersebut.

 

Ilustrasi. Foto: Istimewa

"Rencana ini cukup baik. Tujuannya untuk melindungi jamaah umrah dari PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah) nakal. Karena sebelum diberangkatkan semua administrasi jamaah harus sudah selesai untuk menghindari berbagai persoalan di kemudiannya," ujarnya sebagaimana dilansir dari laman rasmi Kemenag pada Sabtu (16/11/2019).

Lebih lanjut Ihsan mengatakan maraknya penipuan jamaah umrah menimbulkan keprihatinan. "Mereka berangkat umrah untuk mengurangi kekecewaan karena harus menunggu lama untuk berhaji. Karenanya pelayanannya pun harus baik," tuturnya.

Menyikapi masalah daftar tunggu yang lama, khususnya dari Kabupaten Bantaeng yang mencapai 42 tahun, Ihsan, menjelaskan bahwa semuanya sudah diperhitungkan dengan aturan yang telah ditetapkan.

"Soal lamanya masantunggu, karena sudah ada aturan dan perhitungannya, bantuan yang mungkin bisa diberikan adalah meminta penambahan kuota, dan kami akan coba bahas dengan pemerintah," jelasnya.

Sebelumnya dikabarkan bahwa banyak jamaah umrah yang tertipu oleh jasa travel umrah. Contoh kasusnya Direktur PT Damtour, Hambali Abbas (39), diamankan Polresta Depok karena melakukan penipuan terhadap 200 calon jamaah umrah yang akan menunaikan ibadah di Tanah Suci, Makkah, Arab Saudi. PT Damtour merupakan agen perjalanan umrah yang berkantor di Jalan Tole Iskandar No 6-7 Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat.

Kapolresta Depok, AKBP Azis Andriansyah mengatakan, modus pelaku untuk menarik para calon ibadah umrah dengan menawarkan paket promosi murah yang bisa dicicil ataupun tunai. Hasilnya, ratusan orang tertarik dengan promosi tersebut.

"Uang yang diterima dari jamaah tidak digunakan untuk memberangkatkan jamaah karena pelaku melakukan modus seperti ini sejak tahun 2011 sampai 2018 kemudian pada Februari 2018 terlapor melarikan diri dan menutup kantor PT Damtour," Kapolresta Depok AKBP Azis Andriansyah beberapa waktu lalu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini