nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pertanyaan Nabi Muhammad atau Soekarno, Gus Nur: Dijawab Salah, Enggak Dijawab Salah

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Selasa 19 November 2019 14:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 19 614 2131737 pertanyaan-nabi-muhammad-atau-soekarno-gus-nur-dijawab-salah-enggak-dijawab-salah-i0dvdxiBMq.jpg Gus Nur. Foto: Screenshoot dari Youtube.

KASUS Sukmawati yang diduga membandingkan Nabi Muhammad dengan Presiden Soekarno terus jadi sorotan. Tak hanya itu, ia juga dinilai membandingkan Alquran dengan Pancasila.

Penceramah Sugi Nur Raharja alias Gus Nur ikut angkat bicara mengenai kasus ini. Ia menilai perbandingan yang dilakukan Sukmawati tidak tepat. Kata dia, Pancasila tidak bisa dipadankan dengan Alquran, begitu juga Soekarno dengan Nabi Muhammad SAW.

“Itu bukan pertanyaan. Lebih mulia mana Alquran sama Pancasila. Ini kan mengadu domba namanya. Dijawab salah enggak dijawab salah. Astagfirullah.. engga boleh diam,” ucapnya saat ceramah seperti tampak dalam video berjudul Gus Nur Mendidih Mendengar Pertanyaan Sukmawati. Rekaman itu diunggah oleh akun Youtube @Youtrod pada 16 November 2019.

Gus Nuril menambahkan, seandainya dia ditanya lebih mulia mana Alquran atau Pancasila, ia akan menjawab, “Pancasila ideologiku, Alquran pegangan hidupku”.

Foto: Istimewa

Kemudian perbandingan Nabi Muhammad dengan Presiden Soekarno, menurutnya juga keliru. Sebab Nabi Muhammad adalah kekasih Allah dan Soekarno hanya manusia biasa. Apalagi keduanya hidup pada zaman berbeda.

Seperti diketahui dalam video yang beredar, Sukmawati melontarkan pertanyaan dalam suatu acara. Ia mengatakan, "Mana yang lebih bagus Pancasila sama Alquran? Gitu kan. Sekarang saya mau tanya ini semua, yang berjuang di abad 20 itu Nabi yang mulia Muhammad, apa Insinyur Soukarno?”

Gus Nur menilai membandingkan Muhammad Soekarno dengan Nabi Muhammad tidak tepat. “Masak Rasulullah, Nabi Muhammad kekasih Allah yang dari nur-nya lah tercipta gunung, langit, malaikat, manusia... dibandingkan dengan manusia Presiden Ir Soekarno, enggak nyambung Pak,” ucapnya.

Apalagi, kata dia, Nabi Muhammad wafat 8 Juni 632 M, sedangkan Soekarno meninggal pada 21 Juni 1970. “Terpaut berapa abad. Ini pertanyaan enggak nyambung ini,” tuturnya lagi.

Sebelumnya dikabarkan bahwa Koordinator Bela Islam (Korlabi), Ratih Puspa Nusanti melaporkan Sukamawati ke Polda Metro Jaya karena membandingkan Nabi Muhammad SAW dengan Soekarno.

"Saya dan kawan-kawan di Korlabi hanya mendampingi Ibu Ratih atas pribadi beliau," ujar Sekretaris Jenderal Korlabi, Habib Novel Bamukmin kepada wartawan, Sabtu (16/11/2019).

Redaksi Okezone menerima foto atau tulisan pembaca berupa artikel tausyiah, kajian Islam, kisah Islam, cerita hijrah, kisah mualaf, event Islam, pengalaman pribadi seputar Islam, dan lain-lain yang berkaitan dengan Muslim. Dengan catatan foto atau artikel tersebut tidak pernah dimuat media lain. Jika berminat, kirim ke redaksi.okezone@mncgroup.com, cc okezone.lifestyle2017@gmail.com.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini