Dai Cirebon Syiarkan Islam Indonesia di Inggris

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Jum'at 22 November 2019 08:10 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 22 614 2133010 dai-cirebon-syiarkan-islam-indonesia-di-inggris-qrU4b9d6Rs.jpg Sumber Foto: IAIN Cirebon

GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil mengirim lima dai ke Inggris untuk menyiarkan Islam Indonesia beberapa waktu lalu. Salah satu dai tersebut yakni Hassan Al-Banna, jebolan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.

Hassan Al-Banna yang merupakan SD pascasarjana Jurusan Ekonomi Syariah, menjelaskan keberangkatannya dalam hal syiar Islam Indonesia ke negeri Ratu Elizabeth itu adalah Program English for Ulama yang digagas jajaran Ridwan Kamil.

Selain dia, ada 4 orang lainnya yang diberangkatkan dan kemudian disebar ke lima kota di Inggris. Kota tujuan tersebut yakni London, Bristol, Glasgow, Manchester, dan Birmingham.

“Di sana kami melakukan sharing budaya dan berdakwah tentang keindahan Islam. Kita sharing antar agama ke masjid-masjid dan diskusi dengan lintas agama, jadi di sana kita juga melakukan diskusi juga dengan pemuka agama lain,” ucapnya seperti dikutip dari laman IAIN Cirebon pada Jumat (22/11/2019).

Selain itu, Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Ulum Dukupuntang, Cirebon, ini juga mengenalkan Cirebon sebagai Kota Wali.

“Mereka mengenal Indonesia sebagai negara dengan populuasi muslim terbesar di dunia. Saya menyampaikan, setelah merdeka, di era reformasi ini kita menganut sistim demokrasi. Kita memang menjadi negara dengan populasi Islam terbesar di dunia, tapi kita menerima demokrasi dengan nilai-nilai Islam yang selaras dengan Indonesia,” ucap Hassan.

Lebih lanjut ia mengatakan semua yang melakukan syiar Islam Indonesia di Inggris tidak membawa isu terorisme yang selalu dikaitkan dengan Islam. Meski begitu banyak juga yang menanyakan isu ini.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

“Kami ke sana tidak membawa isu terorisme, tapi banyak juga yang menanyakan hal itu. Kami kesana membawa misi untuk menyampaikan Islam yang moderat. Saya juga di sana menyampaikan terkait terorisme bukan hanya islam, tapi juga di negara mayoritas non muslim juga banyak terjadi. Bahkan, banyak juga pertanyaan terkait isu agama dan kondisi politik di Indonesia,” paparnya.

Sementara itu, Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg mengungkapkan, pihaknya merasa bangga atas keberhasilan yang telah diraih salahsatu alumninya tersebut. Pasalnya, kata dia, hal itu tidak hanya dapat membawa nama baik kampus, melainkan dapat mengenalkan Islam yang rahmatan lil alamin, khususnya untuk Cirebon dengan predikat Kota Wali ke seluruh dunia melalui misi yang ia emban.

“Saya sangat senang dan bangga, karena anak ini bisa membawa, bukan hanya nama baik kampus, tapi juga dapat memperkenalkan Islam yang rahmatan lil alamin. Khususnya untuk Cirebon sebagai Kota Wali yang tidak hanya dalam tataran lokal maupun nasional, tapi juga hingga internasional, yaitu ke seluruh dunia,”(Rektor).

Menurutnya, dari perspektif sejarah, Cirebon yang dibangun oleh salah satu wali yang ada di Indonesia, yaitu Suanan Gunungjati yang berhasil menciptakan kota yang masyarakatnya dapat hidup nyaman berdampingan di antara sejumlah kepercayaan lainnya. Hal itu merupakan salah satu dari wujud Islam yang rahmatan lil alamin.

“Nilai-nilai dasar yang ada di Cirebon, yaitu pesan para wali yang dengan kesejukan dan keramahannya dan tidak menggunakan kekerasan dalam melakukan syiar Islam. Bagaimana para wali itu bisa menempatkan agama dan budaya bisa dikompromikan sehingga tidak ada konflik. Ini harus tersampaikan, bukan hanya di tataran lokal, tapi juga hingga nasional maupun internasional. Untuk itu harapan kami, semoga Hassan Al-Banna ini bisa menjadi tauladan dan bisa memberikan inspirasi terhadap teman-temannya dan seluruh mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Sehingga hal ini dapat memunculkan rasa optimisme, harapan yang besar terhadap kiprah mereka, tidak hanya lokal, maupun nasional, tapi juga hingga internasional,” pungkasnya.

Redaksi Okezone menerima foto atau tulisan pembaca berupa artikel tausyiah, kajian Islam, kisah Islam, cerita hijrah, kisah mualaf, event Islam, pengalaman pribadi seputar Islam, dan lain-lain yang berkaitan dengan Muslim. Dengan catatan foto atau artikel tersebut tidak pernah dimuat media lain. Jika berminat, kirim ke redaksi.okezone@mncgroup.com, cc okezone.lifestyle2017@gmail.com.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya