Abdul Somad Sebut Main Catur Haram, Ini 10 Manfaat Catur bagi Anda

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 23 November 2019 19:54 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 23 614 2133634 abdul-somad-sebut-main-catur-haram-ini-10-manfaat-catur-bagi-anda-oNnZVPnSS4.jpg Main catur (Foto: Pixabay)

Ustadz Abdul Somad (UAS) kembali melontarkan pernyataan yang memicu kontroversi. Melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, UAS menyatakan bahwa bermain catur hukumnya haram dalam ajaran Islam.

Meskipun Ustadz Abdul Somad (UAS) menilai catur haram, namun sejatinya, bangsa Arab berkontribusi besar dalam melahirkan permainan yang mengasah mental dan otak ini. Ini seperti disebutkan dalam laman Arab America.com.

 

Bahkan, para sejarawan mengatakan, saat umat muslim berhasil menguasai suatu wilayah, mereka selalu membawa catur dalam perbekalannya.

Terlepas dari pro dan kontra tersebut, bermain catur sebetulnya dapat mendatangkan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh, dan pengembangan diri. Berikut 10 manfaat bermain catur yang dikutip langsung dari chess.com, Sabtu (23/11/2019).

1. Catur memperat tali silatirahmi

Sebagai salah satu permainan tertua di dunia, catur telah mengalami sejumlah evolusi hingga menjadi satu dari sekian banyak permainan yang mendunia. Dalam perjalanannya, permainan ini telah menghubungkan banyak orang dari latar belakang ras, umur, budaya, dan agama yang berbeda-beda. Permainan ini juga diklaim dapat mempererat tali silaturahmi.

2. Catur mengajarkan kita arti kemenangan dan kekalahan

Setiap orang tentu ingin menjadi pemenang. Tapi sangat penting untuk menerima kekalahan dan belajar dari pengalaman tersebut. Catur tidak hanya mengajarkan kita soal arti kekalahan dan kemenangan. Permainan ini juga membentuk karakter pemainnya untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.

3. Catur mengajarkan kita untuk bertanggung jawab

Tren bermain catur terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Namun ada satu hal terpenting. Bila permainan ini diajarkan kepada anak-anak sejak dini, secara tidak langsung mereka sudah belajar untuk bertanggung jawab. Bukan tanpa alasan. Setiap langkah yang diambil para pemain catur, mereka harus siap menerima konsekuensinya. Sehingga, mau tidak mau mereka harus berpikir cerdas dan mengatur strategi yang terbaik.

4. Catur adalah permainan edukasi terbaik untuk anak sekolah

Selain bermanfaat untuk mengasah mental anak-anak, catur termasuk salah satu permainan dengan harga yang dangat terjangkau. Namun, dampak dan kegiatan yang ditimbulkan sangat positif dan bisa melibatkan banyak orang. Tak heran bila permainan ini diklaim sebagai salah satu alat edukasi terbaik untuk anak-anak sekolah. Mereka bisa saling berbaur meski memiliki perbedaan ras, umur, dan budsya.

5. Catur melatih konsentrasi

Seperti yang dikatakan Bobby Fischer, "Catur membutuhkan konsentrasi penuh". Seorang pemain catur bisa membuat 30 langkah yang sempurna seperti seorang grandmaster, namun tidak menutup kemungkinan mereka akan kehilangan konsentrasi atau fokus pada langkah ke-31, hingga akhirnya terjadi blunder dan berujung pada kekalahan. Maka dari itu, seseorang yang rutin bermain catur cenderung memiliki tingkat konsentrasi yang lebih baik. Dampak positifnya, mereka bisa menggunakan kemampuan tersebut untuk mengerjakan pekerjaan sebari-hari, atau saat sedang dirundung deadline kantor.

6. Catur meningkatkan kreativitas

Banyak yang mengatakan, karakter atau kepribadian seseorang akan terlihat saat mereka bermain catur. Orang yang pemalu dan pasif mungkin akan lebih tenang dalam bermain catur. Sementara mereka yang aktif dalam bersosial, cenderung lebih agresif dan sering menjadi penyerang yang pemberani. Salah satu keistimewaan bermain catur, setiap orang dapat menunjukkan karakter atau sifat aslinya tanpa merasa malu. Dalam ranah pribadi, permainan ini juga dapat meningkatkan kreativitas seseorang. Pasalnya, mereka sendiri yang merencanakan langkah yang akan diambil, strategi, dan taktik untuk mengalahkan lawannya.

7. Catur membangun kepercayaan diri

Catur adalah permainan yang tepat bagi Anda yang selalu merasa kurang percaya diri. Sebagaimana diketahui, sebelum bertanding di sebuah kompetisi, para pemain akan berlatih dan menghabiskan banyak waktu mempelajari teknik-teknik yang digunakan oleh lawan mereka. Secara tidak langsung, proses ini dapat membangun kepercayaan diri si pemain catur itu sendiri.

8. Catur membantu mengembangkan kemampuan memecahkan masalah (problem solving)

Setiap permainan catur, Anda akan menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan yang harus segera diselesaikan demi menjadi pemenang. Dalam arti lain, catur membantu Anda mengembangkan kemampuan memecahkan masalah atau yang dikenal dengan istilah problem solving. Pengalaman atau ilmu yang Anda dapatkan ini juga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

9. Catur mengasah kedua sisi otak

Saat bermain catur, otak Anda akan ditantang untuk melatih logika, mengembangkan pengenalan pola, serta membuat keputusan secara visual maupun analitis, dan menguji ingatan. Selain itu, keunikan catur bisa dinikmati semua umur, sehingga dapat menjaga kesehatan otak. Ingat otak sehat adalah otak yang aktif!

10. Catur dapat membantu Anda tetap tenang saat berada di bawah tekanan

Sebuah permainan catur yang intens, biasanya akan memaksa Anda mengerahkan segala kemampuan, dalam kondisi genting seperti durasi waktu yang hampir habis. Kendati demikian, Anda masih harus membuat keputusan penting untuk mendapatkan poin. Hal ini secara tidak langsung mengajarkan Anda untuk tetap tenang saat berada di bawah tekanan. Kemampuan tersebut juga bisa Anda gunakan saat presentasi di depan klien, wawancara kerja, dan menjawab soal ujian. Kuncinya, Anda harus tetap percaya diri dan tenang untuk melakukan yang terbaik. Itu semua bisa didapatkan pada permainan catur.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini