Dai Bersertifikat MUI Diprioritaskan Jadi Pendakwah di Masjid Pemerintah

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 25 November 2019 14:19 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 25 614 2134134 dai-bersertifikat-mui-diprioritaskan-jadi-pendakwah-di-masjid-pemerintah-L83Ncx6lCW.jpg Ilustrasi. Foto: Acclaim Images

MAJELIS Ulama Indonesia (MUI) tengah melakukan standarisasi dai di Indonesia. Hal ini dilakukan sebagai langkah menyelaraskan visi dan misi para pendakwah.

Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi MUI Masduki Baidlowi mengatakan, standardisasi dai juga bertujuan agar para pendakwah mempunyai pemahaman kebangsaan.

"Karena memang dimensi, ada dimensi yang sifatnya ideologis, artinya bahwa ada pendai kita perlu mengalami transformasi agar mempunyai pemahaman yang bisa friendly terhadap pemahaman kebangsaan dan keagamaan," ujarnya kepada wartawan di Kantor Pusat MUI, Jakarta Pusat, Senin (25/11/2019).

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Masduki memberikan contoh, yaitu dai yang kerap berdakwah di televisi. Menurutnya mereka harus diberi pemahaman yang lebih mendalam tentang agama dan kebangsaan agar bisa menyampaikan pesan dakwah yang lebih pas. Nah, pemahaman kebangsaaan ini bisa didapat dari standardisasi dai di MUI.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

"Kalau enggak bagaimana? Dirinya saja belum mentransformasikan diri lalu mengajak orang lain. Kan kacau itu, enggak bisa. Sehingga dua dimensi ini menjadi penting," paparnya.

Lebih lanjut Masduki mengutarakan bahwa tidak ada pembatasan khusus dalam berdakwah, meski para dai telah mendapat sertifikat standardisasi dari MUI.

Ia menambahkan bahwa nantinya dai yang memiliki sertifikasi akan diprioritaskan untuk masjid-masjid di lingkungan pemerintah.

"Tapi catatannya yang ikut ini itu akan bagian dari kerja sama dengan pemerintah, nanti pemerintah juga akan membuat satu kebijakan dai-dai yang akan melakukan dakwah, khotbah di masjid pemerintahan, itu dai-dai yang bersertifikat," pungkasnya.

Redaksi Okezone menerima foto atau tulisan pembaca berupa artikel tausyiah, kajian Islam, kisah Islam, cerita hijrah, kisah mualaf, event Islam, pengalaman pribadi seputar Islam, dan lain-lain yang berkaitan dengan Muslim. Dengan catatan foto atau artikel tersebut tidak pernah dimuat media lain. Jika berminat, kirim ke redaksi.okezone@mncgroup.com, cc okezone.lifestyle2017@gmail.com.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya