Atlet Muslim SEA Games Kekurangan Makanan Halal, Penyelenggara Dinilai Abai

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 27 November 2019 15:21 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 27 614 2135065 atlet-muslim-sea-games-kekurangan-makanan-halal-penyelenggara-dinilai-abai-rGgXGni9r6.jpg Atlet Sea Games kekurangan makanan (Foto: Twitter)

Pejabat Muslim Filipina berharap penyelenggara SEA Games dapat bekerja lebih cepat untuk memastikan pasokan makanan halal cukup bagi para atlet muslim yang akan bertanding.

Seperti dilansir dari situs Asia One, beberapa atlet muslim SEA Games mengeluh karena makanan halal bagi atlet muslim sangat kurang.

 ilustrasi makanan halal

Petugas informasi National Commission for Filipino Muslims (NCFM) Ramadan Aguan mengatakan, penyelenggara SEA Games mengabaikan asupan makanan halal untuk atlet muslim. Padahal atlet muslim tidak boleh makan daging babi dan tak boleh makan daging yang tak disembelih menurut ritual Islam.

Bahkan anggota tim chef Singapura, Juliana Seow menulis surat pengaduan kepada penyelenggaran SEA Games Filipina kalau negara-negara non-Muslim juga tidak menyukai dengan makanan yang mereka sediakan.

Mereka mengatakan, menu-menu makanan untuk para atlet ini sangat terbatas, tidak memiliki nilai gizi yang dibutuhkan atlet untuk bertanding. Bahkan air minum juga langka.

"Kami memiliki beberapa masalah karena penyelenggara SEA Games belum dapat menyediakan makanan halal," kata Ramadan Aguan.

"Kami sudah berkali-kali mengingatkan kepada penyelenggara SEA Games agar mereka menyediakan persediaan makanan halal yang cukup. Namun hingga saat ini kami tak tahu mengapa mereka mengabaikan," ujarnya.

"Kami berharap masalah ini dapat segera diatasi dan kami yakin hal itu akan dilakukan," tambah Ramadan Aguan.

Singapura adalah salah satu dari sejumlah negara yang menerjunkan atlet muslim selain Malaysia, Indonesia, dan Brunei. Selain makanan, penyelenggara SEA Games dituding tak kompeten dalam menyedikan transportasi, bahkan ada atlet yang dikirim ke hotel yang salah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Menurut media lokal, surat Seow kepada penyelenggara SEA Games menyebutkan bahwa tim dipaksa untuk memesan makanan dari luar. Tim sepakbola perempuan Filipina dilaporkan mengeluh tentang sarapan di Athletes Village, yang menampilkan kikiam yakni sejenis gulungan daging babi, yang tidak dapat dimakan oleh umat Islam.

Sementara itu, Direktur Urusan Eksternal NCMF Dimapuno Alonto Datu Ramos Jnr mengatakan, penyelenggaran SEA Games sepertinya diminta menyediakan banyak makanan halal jelang pertandingan.

"Namun selalu saja permintaan makanan halal dijawab dengan jawaban, kami akan menghubungi Anda. Mereka melakukannya pada awalnya, tapi kemudian NCMF yang selalu menindaklanjuti dan menawarkan bantuan sedangkan mereka tak ada," terangnya.

SEA Games edisi ke-30 menampilkan 11 negara dari kawasan ASEAN. Pertandingan dimulai pada hari Sabtu hingga 11 Desember.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya