Pemain Timnas Indonesia Tak Sengaja Makan Babi di SEA Games, Begini Hukumnya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 27 November 2019 16:45 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 27 614 2135126 pemain-timnas-indonesia-tak-sengaja-makan-babi-di-sea-games-begini-hukumnya-bMV1h4ONuA.jpg Pemain Timnas Indonesia (Foto: PSSI)

Pemain Timnas Indonesia di SEA Games 2019 dikabarkan tak sengaja makan daging babi di Filipina. Ini terjadi karena tak ada informasi yang jelas dari penyelenggara SEA Games di sana.

Menurut beberapa sumber, pihak penyelenggara SEA Games melakukan keteledoran yang menyebabkan pemain Timnas Indonesia tak sengaja makan daging babi. Dengan kejadian ini, diharapkan ke depannya penyelenggara SEA Games memisahkan makanan halal dan non-halal.

 Ilustrasi makanan mengandung babi

Terlepas dari peristiwa tersebut, Okezone mewawancarai Ustadz Mahfud Said untuk menanyakan apa yang kemudian harus dilakukan pemain Timnas Indonesia muslim yang tak sengaja makan babi dan apa hukumnya kalau mereka tak sengaja makan babi?

Ustadz Mahfud Said mengatakan, kalau memang para pemain Timnas Indonesia tidak tahu apa yang dimakan, maka hukumnya menggunakan hukum tidak tahu.

"Kalau tidak tahu, maka berlaku hukum tidak apa-apa," katanya pada Okezone melalui pesan singkat, Rabu (27/11/2019).

Ia pun memberi penjelasan mengenai hukum 'tidak apa-apa' ini lewat ayat Alquran.

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Orang-orang beriman berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami bersalah." (QS. Al Baqarah: 286).

Lebih lanjut, hukum 'tidak apa-apa' ini juga tertera dalam surat Al-Baihaq,

"Sesungguhnya Allah telah memaafkan ummatku yang berbuat salah karena tidak sengaja, atau karena lupa, atau karena dipaksa." (HR Ibnu Majah, 1675, Al Baihaqi, 7/356).

Nah, yang menjadi catatan di sini ialah jika si pemain tahu kalau yang ia makan adalah daging babi, maka sangat dianjurkan untuk berhenti makan dan apa yang ada di mulut segera dibuang.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Tapi, apakah selesai begitu saja?

"Setelah tak sengaja memakan babi, maka disegerakan untuk kumur-kumur. Tidak usah sampai berwudhu," ungkapnya.

Di sisi lain, Ustadz Mahfud memberi penekanan bahwa ada baiknya muslim bertanya untuk kepastian makanan yang dirasa ragu akan kehalalannya. Terlebih jika ia berada di tempat yang mungkin muslimnya tak begitu banyak.

"Jadi, harus ikhtiar dengan bertanya mengenai makanan tersebut apakah halal atau tidak. Ini dilakukan agar Anda tahu apa yang Anda makan," pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya