Tips Wakaf Produktif untuk Anak Milenial

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 04 Desember 2019 09:20 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 04 616 2137705 tips-wakaf-profuktif-untuk-anak-milenial-bmljJQucum.jpg Ilustrasi. Foto: Usatoday

SAAT ini tengah popular penerapan wakaf produktif, yaitu dananya dikelola di sektor ekonomi yang hasilnya disalurkan untuk membantu mengembangkan kesejahteraan masyarakat. Konsep seperti ini juga dijadikan sebagai wadah untuk melatih umat agar menjadi mandiri.

Oleh karena itu CEO Rumah Zakat, Nur Efendi, mengajak generasi milenial untuk ikut wakaf produktif. Ia mengatakan saat ini sudah banyak pelayanan digital yang semakin mempermudah bagi masyarakat yang ingin menyisakan sebagian hartanya.

"Kita harus menyesuaikan dengan gaya hidup saat ini. Apalagi generasi milenial yang penggunaannya sudah menggunakan serba digital," katanya saat ditemui di sela-sela acara Roadshow Gelombang Wakaf Jakarta di Hotel Grand Cempaka, Selasa (3/12/2019).

Ilustrasi. Foto: Istimewa 

Namun sayangnya, saat ini kebanyakan dari mereka kebingungan untuk ikut wakaf produktif. Untuk itu, sebagai pengelola, Efendi memiliki tips khusus bagi yang ingi mudah berwakaf. "Caranya mudah, yaitu ketika ada rezeki langsung wakafkan. Sesegera mungkin," ujarnya.

Efendi menyarankan, sebaiknya masyarakat berwakaf dengan menggunakan uang. Ini dikarenakan supaya lebih produktif dan dialokasikan untuk hal-hal yang bermanfaat. "Tapi wakafnya lebih baik dalam bentuk uang," terang Nur Efendi.

Meski begitu wakaf dalam bentuk lain juga bagus, semisal wakaf tanah dan bangunan. "Dalam aturannya, wakaf bisa berbentuk uang, emas, mobil dan barang lainnya yang digunakan untuk kepentingan sosial," pungkasnya.

Redaksi Okezone menerima foto atau tulisan pembaca berupa artikel tausyiah, kajian Islam, kisah Islam, cerita hijrah, kisah mualaf, event Islam, pengalaman pribadi seputar Islam, dan lain-lain yang berkaitan dengan Muslim. Dengan catatan foto atau artikel tersebut tidak pernah dimuat media lain. Jika berminat, kirim ke redaksi.okezone@mncgroup.com, cc okezone.lifestyle2017@gmail.com.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini