nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Amalan dari Abdul Somad Agar Hidup Tenang Meski Ujian Datang

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 06 Desember 2019 14:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 06 614 2138748 amalan-dari-abdul-somad-agar-hidup-tenang-meski-ujian-datang-BR13cWlyvC.jpg Ustadz Abdul Somad. Foto: Dede Kurniawan/Okezone

USTADZ Abdul Somad Batubara mengatakan semua manusia pasti memiliki masalah, Namun tidak semua orang menunjukan masalahnya.

"Semua manusia punya masalah. Tampak di permukaan, tampak air tak bergelombang. Tak sangka dia tenang, padahal di dalamnya airnya deras, anginnya kencang maka semua ini punya masalah," ujar Abdul Somad dalam video yang diunggah akun Youtube Amih Hindarsih..

Pria yang akrab disapa UAS ini juga mengatakan, sebagai manusia harus siap menghadapi masalah karena setiap orang pasti akan diberikan ujian oleh Allah SWT.

"Ada saja masalah hidup, berani hidup berani menghadapi masalah. Takut menghadapi masalah, jangan hidup. Hidup adalah berani mengambil risiko pilihan, ini adalah pilihan yang diberikan Allah SWT," ujar Abdul Somad.

Ia mengibaratkan, ketika pohon tumbuh tinggi semakin kencang anginnya. Dan ketika rumput itu tumbuh rendah, maka harus siap diinjak-injak. Maka dari itu ketika tertimpa musibah atau ujian lainnya, sebagai seorang Muslim harus bersandar kepada Allah.

Abdul Somad menambahkan terdapat amalan agar bisa menghadapi masalah, salah satunya selepas salat bacalah bacaan zikir untuk menghadapi masalah sehingga hidup tenang. Yaitu:

اإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

La ilaha illallah wahdahu la syarika lahu lahul mulku wa lahul hamdu yuhyi wa yumit, wa huwa ‘ala syai’in qadir

Artinya"Tidak ada Tuhan Selain Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya, milik-Nya segala kekuasaan dan bagi-Nya segala pujian. Dia mahakuasa atas segala sesuatu."

Masalah pun, kata Abdul Somad, pasti akan menimpa rumah tangga. "Kadang istri baik, anak masalah. Kadang anak baik, istri baik, suami masalah. Istri baik, anak baik, suami baik, tetangga masalah," katanya.

Kejadian seperti itu juga pernah menimpa Sahabat Nabi Muhammad, dan Rasulullah SAW pernah berkata:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

yā ayyuhallażīna āmanusta'īnụ biṣ-ṣabri waṣ-ṣalāh, innallāha ma'aṣ-ṣābirīn

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar" (QS. Al Baqarah ayat 153).

Kemudian dalam Surat At Taubah (09) : Ayat 40 :

لاَ تَحْزَنْ إِنَّ اللّهَ مَعَنَا

La Takhaf Wa La Tahzan. Innallaha Ma’ana

Artinya: "Janganlah kamu takut dan janganlah kamu bersedih hati. Sesungguhnya Allah ada bersama kita.”

"Tanamkan dalam hati, hujamkan ke tangkai jantung, masukan ke dalam tulang, masukan ke dalam otak. Maka akan membangkitkan kekuatan yang luar biasa. Apapun yang datang kita tetap bisa berkata : kallaa sekali kali tidak," pungkas UAS.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini