Bertemu Ular Kobra, Bagaimana Adab Seorang Muslim?

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 10 Desember 2019 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 10 614 2140318 bertemu-ular-kobra-bagaimana-adab-seorang-muslim-K9HgUO8wd5.jpg Teror ular kobra (Foto: The Active Times)

Penemuan ular kobra di sejumlah wilayah di Indonesia mulai meresahkan masyarakat. Sejak musim hujan banyak ular yang masuk ke perkampungan.

Salah satu yang disambangi puluhan ular kobra itu perkampungan padat penduduk di Jalan Jaya Negara, Kecamatan Kaliwates, Jember. Bahkan sebagian ular masuk ke dalam rumah.

 ular kobra

Lalu bagaimana adab seorang muslim saat menghadapi ular?

Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin mengatakan, dalam menangani kejadian seperti ini harus kembali kepada asbabul nuzulnya karena pembahasan tentang ular juga dituliskan di beberapa hadist.

"Setidaknya ada dua macam kondisi ular yang disebutkan dalam beberapa riwayat Hadits, yakni ular yang posisinya di luar rumah dan ular yang berada di dalam rumah," katanya saat dihubungi Okezone, Selasa (10/12/2019).

Abu Sa’id al-Khudri RA bahwa Rasûlullâh sAW pernah berkata:

إِنَّ لِهَذِهِ الْبُيُوتِ عَوَامِرَ، فَإِذَا رَأَيْتُمْ شَيْئًا مِنْهَا فَحَرِّجُوا عَلَيْهَا ثَلَاثًا، فَإِنْ ذَهَبَ، وَإِلَّا فَاقْتُلُوهُ، فَإِنَّهُ كَافِرٌ

Artinya: "Sesungguhnya di rumah-rumah ada ular-ular yang berada di rumah-rumah. Apabila kalian melihat satu dari mereka, maka buatlah peringatan padanya tiga kali. Apabila pergi, maka biarkan dan bila tidak mau pergi maka bunuhlah, karena dia itu kafir" (HR Muslim no. 2236).

Hadist di atas menjelaskan, jika ular yang ditemukan sulit untuk diusir, maka wajib dibunuh.

Namun sebagai muslim, terang Ustadz Ainul Yaqin, harus tetap berhati-hati dan menghargai ular. Sebab pada dasarnya, hewan ini merupakan makhluk hidup ciptaan Allah SWT.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

"Kita juga harus menghargai bahwa tidak ada sesuatu ciptaan Allah SWT yang tidak ada manfaatnya, walaupun juga berbahaya, sebab banyak juga ular yang tidak berbisa dan tidak berbahaya," katanya.

Oleh karena itu, sebagai seorang muslim dianjurkan berdoa kepada Allah agar diberi perlindungan ketika melihat ular berbisa dan takut terkena gigitannya.

ﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﻜَﻠِﻤَﺎﺕِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺍﻟﺘَّﺎﻣَّﺎﺕِ ﻣِﻦْ ﺷَﺮِّ ﻣَﺎ ﺧَﻠَﻖَ

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk."

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya