nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mellya Juniarti Cerai, Berapa Lama Masa Iddah Perempuan?

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 16 Desember 2019 15:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 16 330 2142503 mellya-juniarti-cerai-berapa-lama-masa-iddah-perempuan-JTffxjIjrd.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

JIKA tak pintar-pintar menjaga kerukunan rumah tangga, kasus perceraian bisa terjadi kepada siapa saja. Contohnya figur yang memiliki ilmu agama nan tinggi sekalipun, seperti dai kondang Ustadz Abdul Somad (UAS) terpaksa berpisah atau cerai dari istrinya, Mellya Juniarti, karena suatu hal.

Sebagai umat beragama, kasus cerai mereka mengikuti syariat Islam dan hukum Indonesia. Selepas diputus pengadilan, pihak perempuan masih tetap terikat hukum Islam yang disebut masa Iddah.

Apa itu masa Iddah? Masa iddah merupakan masa tidak bolehnya wanita yang baru diceraikan untuk langsung menikah dengan laki-laki lain. Hukum ini juga mengikat perempuan yang baru saja ditinggal mati oleh suami.

Lalu berapa lama masa iddah tersebut? Pengurus Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Masjid Agung Sunda Kelapa Ustadz Agustin Amirudin mengatakan, masa iddah seorang perempuan yang ditalak oleh suaminya tergantung dari kondisi kesuburuan perempuan itu.

Lama iddah bagi yang ditalak yaitu tiga kali suci setelah haid atau nifas. Jika dalam dua bulan sudah selesai tiga masa haidnya, maka iddahnya pun telah berakhir.

"Kalau wanita itu masih subur masih haid, iddahnya tiga kali suci," ujar Ustadz Agustin.

Sedangkan bagi perempuan cerai karena ditinggal meninggal oleh suaminya, maka jumlah masa iddahnya sama yaitu empat bulan.

Allah berfirman:

وَالَّذِينَ يُتَوَفَّوْنَ مِنْكُمْ وَيَذَرُونَ أَزْوَاجاً يَتَرَبَّصْنَ بِأَنْفُسِهِنَّ أَرْبَعَةَ أَشْهُرٍ وَعَشْراً

Artinya: "Orang-orang yang meninggal dunia di antaramu dengan meninggalkan istri-istri (hendaklah para istri itu) menangguhkan dirinya (ber'iddah) empat bulan sepuluh hari," (Q.S. al-Baqarah [2]: 234).

Namun, apabila perempuan yang ditinggal mati oleh suami itu tengah hamil, maka masa selesai iddahnya adalah setelah melahirkan. "Kalau dia dalam keadaan hamil, maka iddahnya sampai melahirkan," jelasnya.

Redaksi Okezone menerima foto atau tulisan pembaca berupa artikel tausyiah, kajian Islam, kisah Islam, cerita hijrah, kisah mualaf, event Islam, pengalaman pribadi seputar Islam, dan lain-lain yang berkaitan dengan Muslim. Dengan catatan foto atau artikel tersebut tidak pernah dimuat media lain. Jika berminat, kirim ke redaksi.okezone@mncgroup.com, cc okezone.lifestyle2017@gmail.com.

 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini