Toleransi, Banser Bantu Amankan Natal di Kota Jayapura

Rabu 25 Desember 2019 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 25 614 2145902 toleransi-banser-bantu-amankan-natal-di-kota-jayapura-uaWHyeoxPy.jpg Banser amankan perayaan Natal (Foto: Istimewa)

Suasana saling menjaga, saling menghormati antara muslim dan non muslim terlihat nyata di Kota Jayapura, Papua saat Hari Natal.

Suasana sejuk dalam kehidupan umat beragama, tanpa ketegangan, apalagi permusuhan tersaji saat perayaan malam misa Hari Natal, Selasa (24/12). Hal ini dibuktikan dengan turunnya 85 anggota Banser dalam penjagaan sejumlah gereja di Kota Jayapura. Mereka bersinergi dengan polisi dan tentara.

natal 

“Untuk setiap Natalan kami rutin berpartisipasi memberikan pengamanan di semua gereja,” ujar Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Jayapura, Papua, Ahmad Muhazir, Rabu (25/12/2019).

Menurut Menurut Muhazir, keterlibatan Ansor dalam pengamanan tersebut sebagai bentuk kepedulian dalam menjaga keamaan, menjalin kerukunan dengan non-muslim sekaligus memelihara toleransi kebangsaan dalam bingkai keberagaman. Toleransi kebangsaan harus dijaga sebagai jaminan tegaknya NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)

“Kami punya keyakinan tak ada Indonesia tanpa ada bermacam agama. Ada Islam, Kristen, Hindu, Buddha, karena semua kita ikut berjuang memerdekan negara ini. Toleransi di sini menjadi kata kunci," terangnya.

Seperti dilansir NU Online, keterlibatan Banser dalam pengamanan gereja, ujar Muhazir, bukan hura-hura, namun dilakukan dengan penuh tanggungjawab meskipun nyawa taruhannya. Hal ini seperti yang ditunjukkan oleh anggota Banser asal Mojokerto, Riyanto beberapa tahun lalu.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ia rela mengorbankan nyawanya karena harus menghalau bom yang siap menyalak di Gereja Eben Haezer, Mojokerto, Jawa Timur. “Jadi, prinsip kami para Banser sama. Menjaga gereja dengan sungguh-sungguh, menjaga keamanan fisik gereja dan penghuninya. Tujuannya agar gereja dan penghuninya aman."

Selain itu, lanjut Muhazir, keterlibatan Banser dalam pengamanan gereja mempunyai makna yang istimewa. Yaitu membuktikan kerukunan dan menunjukkan toleransi Islam yang tinggi, khususnya antar umat beragama.

Islam adalah agama yang mempelopori toleransi sehingga penganut agama lain merasa nyaman hidup berdampingan dengan penganut Islam. “Kita contoh para ulama yang telah memberikan teladan soal toleransi,” ungkapnya.

Muhazir menegaskan, bukan hanya di gereja saat perayaan Natal, dalam kehidupan sehari-hari interaksi muslim dan non-muslim di Kota Jayapura cukup baik.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya