Jimly Asshiddiqie Serukan Pentingnya Menjaga Kerukunan antar Umat Beragama

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 27 Desember 2019 17:19 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 27 614 2146670 jimly-asshiddiqie-serukan-pentingnya-menjaga-kerukunan-antar-umat-beragama-VzLlNRjgzd.jpg Jimly saat di ICMI (Foto: Novie/Okezone)

Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie menyerukan pentingnya membangun dan menjaga kerukunan antar umat beragama.

Jimly Asshiddiqie menjelaskan, menjaga kerukunan antar umat beragama penting untuk menyelaraskan perbedaan-perbedaan. Ini perlu dilakukan untuk mencegah saling hujat.

 Jimly

"Orang Islam itu tidak pernah punya masalah. Orang Yahudi juga tidak pernah punya masalah dengan Islam," ujar Jimly saat ditemui di ICMI Centre, Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (27/12/2019).

Peran Islam dalam menjaga kerukunan antar umat beragama ini, terang Jimly, harus diperkuat. Demi menjaga kerukunan antar umat beragama ini agama lain pun harus turut serta mendukung peran Islam di dunia.

Umat Islam, Yahudi dan Kristen, ketiganya harus bersatu menjaga kerukunan antar umat beragama. Ketiga agama itu juga dibentuk dalam Abrahamik, jadi harus saling menghargai dan rukun.

Dalam kesempatan itu, Jimly juga meminta masyarakat agar tidak menelan mentah-mentah tentang informasi yang belum terverifikasi kebenarannya di media sosial. Jangan sampai terbawa perasaan dan sampai saling menghujat.

"Jadi kuncinya bagaimana membuat manusia gak baper di era media sosial. Kita harus bergaul dengan malaikat-malaikat di media sosial," ujarnya.

Oleh karena itu ICMI mengajak semua pihak untuk bergaul dan akrab dengan media sosial, yakni dengan tujuan ke ranah lebih positif atau cerdas dalam menggunakan teknologi.

"ICMI mengajak semua pihak untuk akrab dengan teknologi. Sekaligus membiasakan memilih hal yang positif dari teknogi modern," pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini