Demi Diakui Negara, Pasangan Siri Ikut Nikah Massal

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 31 Desember 2019 18:11 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 31 614 2147904 demi-diakui-negara-pasangan-siri-ikut-nikah-massal-MYblo9HyGZ.jpg Nikah massal (Foto: Novie/Okezone)

Dalam rangka menyambut pergantian tahun Pemerintah Provinsi (Prempov) DKI Jakarta menggelar sejumlah acara. Salah satu yang menarik masyarakat adalah disenggelarakannya nikah massal.

Nikah massal dilakukan di Balai Kota Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (31/12/2019). Nikah ini oleh ratusan pasangan.

 menikah

Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah mengatakan, Pemprov DKI Jakarta kembali menggelar nikah massal yang terdiri dari pernikahan baru dan juga itsbat (pengesahan) nikah.

Nikah massal kali ini berbeda dengan sebelumnya yang berlokasi di Lapangan Parkir Thamrin 10.

"Jika tahun sebelumnya acara Nikah Massal diadakan di Lapangan Parkir Thamrin 10, namun tahun ini acara tersebut diselenggarakan di Halaman Balai Kota Jakarta. Acara Nikah Massal dibuka dengan pertunjukan marawis, band akustik, dan rebana hadroh pada pukul 17.00 WIB," katanya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Peserta pernikahan tahun ini cukup beragam terdiri dari 631 pasangan, yang terdiri atas pernikahan baru sebanyak 141 pasangan dan itsbat nikah sebanyak 490 pasangan.

Menurut Saefullah, seluruh peserta nikah massal akan digratiskan biaya nikah, mendapat uang mahar senilai satu juta rupiah, dan bingkisan pernikahan. "Ini dari dukungan Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta dan juga Pemprov DKI Jakarta."

Sementara itu, salah satu peserta nikah massal, Antoni mengatakan, ia dan istrinya Sukarti sangat senang karena bisa berkesempatan melegalkan pernikahannya di mata hukum. Di mana kedua pasangan ini sebelumnya hanya menjalin pernikahan siri.

"Iya, saya senang. Saya dan istri bisa melegalkan pernikahan kami. Pernikahan yang dulu hanya diakui secara agama, sekarang diakui oleh negara," katanya kepada Okezone.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya