nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bantu Korban Banjir Jakarta dan Sekitarnya, PBNU Kucurkan Rp1 Miliar

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 03 Januari 2020 08:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 03 614 2148755 bantu-korban-banjir-jakarta-dan-sekitarnya-pbnu-kucurkan-rp1-miliar-LMzirdTTy8.jpg Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj (kanan) mengucurkan bantuan senilai Rp1 miliar untuk korban banjir Jakarta dan sekitarnya. Foto: Okezone

PENGURUS Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memberikan bantuan senilai Rp1 miliar bagi korban banjir di beberapa wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Bantuan itu disalurkan lewat Care Lazis di kantor PBNU.

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj mengatakan, nominal yang diberikan kepada korban banjir memang tidak seberapa, namun yang terpenting adalah niat untuk membantu masyarakat yang tengah membutuhkan pertolongan.

"Jangan dilihat nominalnya, tapi bagaimana kami memberikan manfaat kepada masyarakat yang sedang membutuhkan," ujarnya kepada wartawan dalam konferensi pers yang digelar di PBNU beberapa waktu lalu.

Korban banjir. Foto: Istimewa

Sementara Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini menuturkan, bantuan yang dikucurkan tersebut sudah mulai berjalan, yaitu adanya pembuatan dapur umum, tempat beristirahat, makanan, minuman hingga keperluan medis yang tentunya telah tersedia di tenda pengungsian korban banjir.

"Posko kemanusiaan dapur umum yang telah disiapkan oleh kami adalah ada kamp pengungsian, bantuan obat-obatan, makanan, selimut dan pembalut wanita yang dibutuhkan oleh masyarakat (red. perempuan)," ucapnya.

Helmy melanjutkan, sebagian anggota atau kader NU turun langsung menyalurkan bantuan dan membantu masyarakat yang harus segera dievakuasi ke tempat lebih aman.

Sebelumnya pada 1 Januari 2020 Santri Siaga Lembaga Penanggulangan Bencana dan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) DKI Jakarta bersama elemen lainnya telah mendirikan pos peduli banjir dan mengevakuasi warga yang jadi korban ke tempat yang lebih aman.

“NU Peduli melalui Santri Siaga Bencana LPBINU melakukan evakuasi di beberapa titik, di Halim, Cengkareng, dan beberapa titik banjir lainnya. Kita lanjut mendirikan dapur umum, terutama di Rawa Buaya yang besar. Kita mendirikan enam pos NU Peduli Banjir. Karena gerakan kita berbasis komunitas, kita langsung melakukan aksi,” ujar Ketua LPBINU DKI Jakarta M Wahib Emha di Jakarta.

Ia menambahkan, selain mendirikan pos dan dapur umum, NU Peduli menjadi koordinator pos pengungsi di beberapa titik.

“Kita menggunakan masjid dan madrasah. Dari PP LAZISNU, kita akan menurunkan bantuan sembako dan perlengkapan dapur umum. Dan kita menurunkan satu mobil dahar PP LAZISNU untuk keperluan makan warga (red. korban banjir),” kata Wahib.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini