Ayat Alquran dan Burung Gagak sebagai Hewan Tercerdas

Ibrahim Al Kholil, Jurnalis · Selasa 07 Januari 2020 09:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 07 614 2150083 ayat-alquran-dan-burung-gagak-sebagai-hewan-tercerdas-feu0sQaGLM.jpg Burung Gagak. Foto: About Islam

SAAT ditanya hewan apa yang paling cerdas, mungkin asumsi setiap orang akan bermacam-macam. Lumba-lumba, anjing, atau mungkin kera, semua itu sah-sah saja disebut jika hanya sebatas argumenpribadi. Namun tahukah Anda bahwa salah satu hewan cerdas di muka bumi adalah burung gagak!

Hal tersebut mungkin mengejutkan, namun itu memiliki dasar yang kuat. Dilansir dari AboutIslam pada Selasa (7/1/2020), menurut Alquran dan Neurologi burung gagak adalah hewan tercerdas di muka bumi. Penasaran kenapa burung gagak bisa jadi hewan tercerdas? Simak ulasannya berikut ini.

Dalam satu ayat Alquran:

“Maka hawa nafsu Qabil menjadikannya menganggap mudah membunuh saudaranya, sebab itu dibunuhnyalah, maka jadilah ia seorang diantara orang-orang yang merugi. Kemudian Allah menyuruh seekor burung gagak menggali-gali di bumi untuk memperlihatkan kepadanya (Qabil) bagaimana seharusnya menguburkan mayat saudaranya. Berkata Qabil: ‘Aduhai celaka aku, mengapa aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini, lalu aku dapat menguburkan mayat saudaraku ini?’ Karena itu jadilah dia seorang diantara orang-orang yang menyesal.” (Q.S. Al-Ma’idah: 30-31).

Ketika Alquran memilih makhluk, itu berarti secara harfiah dan spesifik, ini memberi kita petunjuk agar melihat lebih dekat dan mempelajarinya lebih dalam untuk sumber pengetahuan yang belum dimanfaatkan.

Dari ayat tersebut dapat dilihat bagaimana burung gagak mampu menjadi mentor dan mengajari manusia tentang hal-hal yang mendasar dalam kehidupan, sekaligus menjadi bukti menagapa burung gagak dianggap sebagai hewan cerdas di muka bumi.

Suatu penelitian terbaru menunjukkan kandidat yang tidak diperhitungkan dalam kandidat hewan tercerdas di muka bumi, ya burung gagak hitam yang oleh banyak budaya dianggap sebagai pertanda nasib buruk dan kematian (mungkin karena peran serius penguburan dalam cerita di atas?).

Majalah Scientific American menerbitkan hasil penelitian ilmuwan Bernd Heinrich dan Thomas Bugnyar - Universitas Vermont, Kanada dan Universitas St Andrews, Skotlandia yang menunjukkan kemampuan mental luar biasa para gagak.

"Burung-burung ini menggunakan logika untuk menyelesaikan masalah dan beberapa kemampuan mereka bahkan melampaui yang dimiliki kera besar," kata mereka.

Dalam eksperimen itu, gagak diberi tugas yang sangat kompleks yang belum pernah mereka temui sebelumnya, dan gagak tidak diprogram untuk melakukannya secara alami, namun mereka berhasil menuntaskannya, menemukan solusi kreatif dan logis untuk tugas tersebut.

Lebih mengejutkan, gagak melakukannya dengan benar pada percobaan pertama, setiap percobaan, tanpa proses coba-coba apa pun. Hal itu menunjukkan bahwa gagak mampu menguji kemungkinan dalam pikiran mereka dalam waktu singkat, memilih solusi yang paling efektif.

Dalam percobaan tersebut suatu makanan diletakan dalam tabung dan mengapung karena diberikan sedikit air. Pertama-tama gagak mengukur tabung menggunakan paruhnya, kemudian menjatuhkan beberapa kerikil kecil ke dalam tabung tersebut untuk menaikkan tingkat air agar cukup untuk paruhnya untuk mencapai makanan.

Gagak adalah spesies yang sangat sosial dan hidup dalam kelompok. Mereka juga jarang sekali terlibat perkelahian dalam kelompoknya, mereka hanya akan bertarung dengan musuh yang membahayakan keluarga.

Burung gagak juga mampu bekerja sama untuk menjebak dan membunuh mangsa mereka, biasanya dua gagak akan terbang ke tanah untuk memblokir rute pelariannya, sementara yang lain menyerangnya.

Alquran memberikan pembelajaran hebat dengan menunjukkan gagak sebagai mentor bagi manusia. Mereka tampaknya menjadi guru yang baik untuk berpikir logis, memecahkan masalah secara kreatif, kerja tim, perencanaan strategis, dan manajemen sumber daya yang efektif sambil menunjukkan rasa hormat yang tertinggi terhadap lingkungan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini