nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pertama Kalinya, Populasi Muslim di Inggris Tembus Lebih Dari Tiga Juta!

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 07 Januari 2020 13:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 07 614 2150180 pertama-kalinya-populasi-muslim-di-inggris-tembus-lebih-dari-tiga-juta-wfntPGj6Bk.jpg Muslim Inggris (Foto: PA)

Populasi muslim di negara-negara yang mayoritas agamanya bukan Islam, sepertinya semakin hari semakin menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Hal ini salah satunya dibuktikan dengan jumlah populasi muslim di Inggris. Seperti diwarta 5pillarsuk, Selasa (7/1/2020) menurut laporan data terbaru dari Kantor Stastistik Nasional Inggris, populasi muslim di Inggris telah tembus melewati lebih dari tiga juta untuk pertama kalinya!

 Masjid di Inggris

Lebih lanjut diketahui, berdasarkan data angka terbaru pada tahun 2016 ada sekitar 3.138.000 muslim yang berada di Inggris dan Wales. Angka di atas menunjukkan ada kenaikan lebih dari 400.000 dari angka sebelumnya yakni 2,7 juta selama lima tahun ke belakang.

Secara persentasi, kenaikan ini menandai peningkatan sekitar 16 persen.

Di Inggris sendiri, Kantor Stastistik Nasional (Office National Statistic) pada 2016, diestimasikan ada sekira 3.092.000 muslim.

Sebagai bagian dari populasi Inggris, penilaian menunjukkan bahwa jumlah muslim ini naik sekitar 5,6 persen pada 2016 dibandingkan 4,7 persen pada 2011 silam.

Sementara itu Kantor Stastistik Nasional juga mengatakan, perkiraan baru ini tidak dapat digunakan untuk menilai populasi lokal, laporan sensus 2011 mengatakan, muslim cenderung terkonsentrasi di wilayah-wilayah tertentu di Inggris atau dengan kata lain tidak merata tersebar di semua titik wilayah.

“Di lebih dari setengah otoritas lokal, proporsi penduduk yang beragama Islam di bawah satu persen. Di lebih dari tiga perempat wilayah itu di bawah enam persen.

Daerah dengan proporsi jumlah muslim tertinggi ada di London dengan wilayah Tower Hamlets dan Newham masing-masing memiliki 34,5 persen dan 32,0 persen,” jelas Kantor Stastistik Nasional.

Jika daerah-daerah yang disebutkan di atas menunjukkan angka populasi di bawah enam persen. Tetapi tercatat di beberapa daerah di luar London, bahkan persentasenya melebihi dari 20 persen.

“Ada beberapa daerah di luar London dengan proporsi lebih tinggi dari 20 persen termasuk Blackburn dengan Darwen di Barat Utara 27,0 persen, Bradford di Yorkshire dan Humber, Luton di Inggris Timur, Slough di Tenggara, dan Birmingham di West Midlands,” tambah Kantor Stastistik Nasional.

Sedangkan agama lain, masih berdasarkan pendataan dari Kantor Stastistik Nasional ada yang menurun dan ada yang stabil.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini