Share

Selain Puasa, Ini Amalan Sunah di Hari Kamis

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 16 Januari 2020 12:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 16 614 2153645 selain-puasa-ini-amalan-sunah-di-hari-kamis-ZKp5Da3iYQ.jpg Amalan di Hari Kamis (Foto: Shutterstock)

Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadist Indonesia, Ustadz Fauzan Amin mengatakan, Kamis merupakan hari yang sangat berdekatan dengan Jumat. Oleh karena itu banyak sekali amalan sunah yang bisa dilakukan.

Terdapat amalan lain pada Hari Kamis. "Namun memang amalan yang banyak dilakukan oleh umat Islam pada Kamis adalah puasa sunah pada hari Kamis," kata Ustadz Fauzan Amin, Kamis (16/1/2019).

 Puasa Senin Kamis

Puasa di Senin Kamis juga terdapat hadistnya, di mana kamis jadi bagian hari istimewa.

"Yang ada hadistnya adalah puasa," ujar Fauzan.

Rasulullah SAW bersabda:

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

Artinya: "Diperlihatkan amal-amal pada setiap hari Kamis dan Senin. Maka aku ingin amalku diperlihatkan saat aku berpuasa." (HR. Tirmidzi; shahih lighairihi).

Lebih lanjut, Fauzan menuturkan, selain puasa sunah pada waktu tersebut tepatnya kamis malam yang bertepatan dengan malam Jumat, terdapat amalan lain yang bisa dilakukan pada Kamis yakni membaca surat Yassin, Al Kahfi, dan lainnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sementara itu, dilansir dari laman NU Online, membaca surat Yassin pada Kamis malam atau malam Jumat sangatlah dianjurkan karena ada salah satu riwayat yang menyebutkan tentang hal tersebut.

Rasulullah SAW bersabda:

من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله

Artinya: "Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya." (HR Abu Daud dari al-Habr).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini