nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masjid Cantik Filipina, Dimaukom yang Didominasi Pink serta Taluksangay nan Eksotis

Ibrahim Al Kholil, Jurnalis · Jum'at 17 Januari 2020 09:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 17 614 2154096 masjid-cantik-filipina-dimaukom-yang-didominasi-pink-serta-taluksangay-nan-eksotis-q3rKkiK9S1.jpg Masjid Pink atau Masjid Dimaukom. Foto: Philstar

FILIPINA bukanlah negara yang berpenduduk mayoritas Islam, akan tetapi negara ini memiliki masjid-masjid yang cantik. Ini jadi kabar baik buat muslim traveler yang ingin berwisata ke negara tersebut.

Selain dapat menjalankan kewajiban salat dengan mudah karena ketersediaan fasilitas, para Muslim traveler juga dapat menikmati keindahan masjid sekaligus berfoto di sana sebagai kenang-kenangan.

Dilansir dari Rappler pada Jumat (17/1/2020), di antara beberapa masjid cantik di Filipina, berikut dua di antaranya:

1. Masjid Pink (Masjid Dimaukom), Datu Saudi Ampatuan, Maguindanao

Foto: Glen Santillan, diambil dari laman rappler

Masjid yang didominasi dengan warna merah muda (pink) ini terletak di Provinsi Maguindanao. Rumah Allah tersebut sangat cantik dan unik, karena hampir di seluruh bagian masjid diberi warna merah muda.

Konstruksinya diprakarsai oleh Datu Saudi Ampatuan Walikota Samsudin Dimaukom. Rupanya dibalik cat merah muda yang membalut seluruh bagian masjid ini, ada makna yang sangat mendalam.

Penggunaan warna pink yang membuat masjid ini mencolok, ternyata untuk mewakili perdamaian dan cinta, dan diharapkan menampilkan sisi lain Maguindanao. “Ini sisi lain Maguindanao,” tulis Glen Santilllan, blogger perjalanan, sebagaimana dikutip Okezone dari Rappler (16/1/2020).

2. Masjid Taluksangay, Kota Zamboanga

Foto: Glen Santillan diambil dari rappler

Dibangun pada 1885, Masjid Taluksangay adalah masjid tertua di Mindanao Barat. Maka tidak heran jika Rumah Allah itu sangat tampak eksotis.

Masjid Taluksangay dibangun oleh Hadji Abdullah Maas Nuno, kepala suku Sama Banguingui, kelompok etnis Moro. Makamnya dapat ditemukan di halaman belakang masjid tersebut.

Taluksangay terus menjadi tempat ibadah. Dengan kubahnya yang sekarang dicat merah terang, membuat masjid ini mudah terlihat dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Ini adalah pusat Islam pertama di Semenanjung Zamboanga, bahkan diakui oleh negara-negara Islam lainnya seperti Arab Saudi serta Turki, dan juga dipromosikan sebagai objek wisata Kota Zamboanga.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini