nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perlukah Pembatas di Depan Orang yang Salat? Ini Jawaban Abdul Somad

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Minggu 19 Januari 2020 16:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 19 330 2155037 perlukah-pembatas-di-depan-orang-yang-salat-ini-jawaban-abdul-somad-Y5ybBlokhF.jpg Foto: Secreenshoot dari akun Ustadz Abdul Somad

DALAM kondisi tidak menemukan masjid atau musala, setiap Muslim diperbolehkan salat di ruang terbuka semisal di lapangan. Hanya saja dalam pelaksanaanya di lapangan, muncul pertanyaan tentang perlukah sutrah atau pembatas di depan hamba yang salat mengingat orang bisa lalu lalang di depannya?

"Apabila salah seorang kamu salat, hendaklah menghadap sutrah (red. pembatas salat), mendekat ke sutrah, jangan ada org yang lewat antara ia dan sutrah itu". (HR. Ibnu Majah).

Sementara ustadz kondang Abdul Somad menyampaikan lewat akun Instagramnya, perintah dalam hadits di atas mengandung makna anjuran, bukan wajib. “Hikmahnya, menjaga pandangan dan mencegah orang,” tulisnya.

Abduk Somad melanjutkan, Imam Ibnu Abidin berkata: "Dijelaskan dalam kitab al-Mun-yah, makruh meninggalkannya, makruh tanzih. Tidak wajib berdasarkan hadits Abu Daud, dari Fadhl ibn Abbas: Rasulullah SAW datang kepada kami di suatu kampung, Rasulullah SAW salat di tanah lapang, di depannya tidak ada sutrah.

Imam al-Buhuti dari kalangan mazhab Hanbali berkata: Tidak wajib, berdasarkan hadits Ibnu Abbas di atas.

Menurut mazhab Hanafi dan Maliki dalam qaul masyhur: Dianjurkan bagi imam dan orang yang salat sendirian menggunakan sutrah, jika ia merasa ada org yang akan lewat di depannya. Jika rasanya tidak ada orang lewat, maka tidak perlu sutrah. Disebutkan dalam al-Hidayah: Boleh tidak menggunakan sutrah, jika rasanya tidak ada orang yang akan lewat.

Menurut mazhab Hanbali dan Syafi'i: Sunnat hukumnya menggunakan sutrah, meskipun dirasa tidak akan ada orang yang lewat.

Imam an-Nawawi berkata: Sunnat hukumnya, di depan orang yang salat itu ada sutrah, seperti dinding atau tiang, orang yang salat mendekat ke sutrah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini