Catat, Ini Dua Sifat yang Bikin Hidup Tak Tenang

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Selasa 21 Januari 2020 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 21 330 2156046 catat-ini-dua-sifat-yang-bikin-hidup-tak-tenang-cg1QGjAaXE.jpg Ilustrasi tidak tenang. Foto: Istimewa

TERKAIT rasa tenang dalam menjalani hidup, Allah SWT dalam QS Al Fath ayat 4:

هُوَ الَّذِي أَنْزَلَ السَّكِينَةَ فِي قُلُوبِ الْمُؤْمِنِينَ لِيَزْدَادُوا إِيمَانًا مَعَ إِيمَانِهِمْ

“Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.”

Berdasarkan ayat di atas perlu diketahui bahwa manusia bukanlah pemilik kehidupan ini, karena itulah insan tidak selalu mendapatkan apa yang diinginkan. Keberhasilan dan kegagalan turut mewarnai jalan hidup, yang ceritanya tentu tidak sama antar manusia dalam hidupnya.

Karena itulah ketenangan hidup sangat dibutuhkan untuk bertahan dalam proses menjadi insan yang lebih baik.

Orang yang memiliki hidup yang tenang akan mampu menghadapi situasi sulit yang membelit dalam hidupnya. Dan hal ini tentu berbeda dengan orang yang tak bisa hidup dengan tenang.

Lantas tahukah siapa orang yang paling tidak tenang dalam hidupnya? Jawabannya adalah ia yang memiliki sifat dengki dan dendam kepada sesamanya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Orang yang dengki termasuk menolak takdir Allah yang telah ditetapkan atas salah satu hamba-Nya. Dengki merupakan penyakit serius. Jika sudah merasuk pada jiwa manusia, maka ia akan menjadi bebal.

Dengki membuka matanya terhadap setiap hal kecil dan besar, ia tidak tertarik dengan apapun kecuali sirnanya nikmat Allah dari diri orang lain.

Dan sifat dengki tersebut adalah salah satu hasil dari sifat dendam, karena seseorang yang dendam kepada orang lain, dia menginginkan sirnanya nikmat orang tersebut, mengumpatnya di majelis, berusaha mengambil kekayaannya, dan senang dengan kesusahan yang dideritanya.

Potret kehidupan yang diwarnai dengan sifat dengki dan dendam tersebut tentu membuat hidupnya menjadi selalu tidak tenang. Itulah yang dikatakan Imam Syafi’i dalam Tanbihul Mughtarim sebagai orang yang paling tidak tenang dalam hidupnya.

Dalam kitab tersebut dituliskan:

قل الناس في الدنيا راحة الحسود والحقود

“Manusia yang paling tidak tenang hidupnya adalah pendengki dan pendendam.”

Demikian dipaparkan Silmi Adawiyah, alumni Pondok Pesantren Putri Walisongo Jombang, sebagaimana dilansir dari laman resmi tebuireng pada Selasa (21/1/2020).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya