nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indahnya Masjid Sulejmanija, Tempat Ibadah yang Selamat dari Penghancuran Massal

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 22 Januari 2020 04:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 21 615 2156132 indahnya-masjid-sulejmanija-tempat-ibadah-yang-selamat-dari-penghancuran-massal-6IFSb68ool.jpg Masjid Sulejmanija

Bosnia ternyata memiliki masjid yang sarat akan sejarah bernama Masjid Sulejmanija atau lebih dikenal sebagai ‘Masjid Hias’ yang terletak di Travnik, yang merupakan jantung negara Muslim Eropa Tenggara.

Masjid Sulejmanija ini dianggap bersejarah karena menjadi salah satu landmark penting di Bosnia. Masjid ini ditandai dengan dekorasi penuh warna, fasad fresco dan ornamen Islam dengan gaya arsitektur Ottoman.

 Masjid indah

Masjid Sulejmanija adalah satu-satunya masjid di Bosnia dengan menara yang menjulang dari sisi kiri bangunan. Struktur saat ini sama seperti 1757, meskipun sebagian besar dibangun kembali setelah kebakaran besar pada 1815.

Menurut Anadolu Agency, masjid bersejarah ini kembali dibuka pada 13 April 2019 setelah dipugar. Di hadapan sejumlah besar umat islam dan perwakilan kehidupan keagamaan dan politik di Bosnia, Masjid Sulejmanija yang dipugar kembali dibuka.

Dilansir dari Mvslim, Rabu (22/1/2020), Masjid Sulejmanija Travnik ini selamat dari penghancuran bangunan massal yang dilakukan terhadap masjid-masjid dan landmark-landmark Bosnia selama Perang Kemerdekaan Bosnia yang berlangsung antara 1992-1995.

 Masjid indah

Padahal saat itu banyak bangunan yang hancur dengan tingkat kerusakan 80 persen yang terdiri dari berbagai bangunan dan masjid.

Menurut UNESCO dan komisi Pelestarian Monumen Nasional Bosnia, negara Balkan muslim ini telah kehilangan sebagian besar tempat ibadah muslim dan landmark karena penghancuran massal selama perang. Sejak kemerdekaan pada 1992, Bosnia telah menjadi salah satu negara yang paling sering dikunjungi di wilayah Balkan.

Diproyeksikan Bosnia memiliki tingkat pertumbuhan pariwisata tertinggi ketiga di dunia hingga 2020. Menurut sensus yang dilakukan 2013, Islam adalah kepercayaan mayoritas masyarakat di Bosnia dengan persentasi hingga 51 persen populasi. Ada delapan mufti besar yang berada di kota-kota besar seperti Sarajevo, Bihac, Travnik, Tuzla, Gorazde, Zenica, Mostar dan Banja Luka. (DRM)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini