Ini Resep Quraish Shihab agar Pernikahan Langgeng

Rabu 05 Februari 2020 06:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 04 614 2163341 ini-resep-quraish-shihab-agar-pernikahan-langgeng-Qv2MTZ24Av.jpg Pernikahan langgeng (Foto: Hiveminer)

Dalam pernikahan setiap pasangan suami istri pasti ingin pernikahannya langgeng dan abadi sampai akhir hayat. Namun terkadang ada masalah yang menerpa sehingga pernikahan terpaksa berakhir.

Oleh karena itu diperlukan kerja sama dan usaha yang kuat dari suami istri agar pernikahan mereka langgeng.

 Quraish Shihab

Ahli Tafsir Alquran, Prof. Dr. M. Quraish Shihab mengatakan, keluarga adalah pondasi dasar untuk membangun dan membina masyarakat. Sedangkan perempuan itu baik sebagai ibu rumah tangga maupun sebagai perempuan yang terdidik ialah madrasah yang melahirkan para tokoh.

“Jika pondasinya kuat maka yang ditopangnya akan kuat. Jika keluarga baik maka masyarakat pun baik,” ucapnya dalam Konferensi Internasional tentang pembaharuan pemikiran Islam di Universitas Al Azhar Kairo.

Menurut Quraish Shihab, pernikahan akan berhasil jika ada kesamaan pada suami istri dalam beberapa hal dan berbeda dalam satu hal.

Pertama, adanya kesamaan di antara keduanya sebagai makhluk yang berhak hidup. Hidup itu meliputi aktivitas, perasaan, dan ilmu pengetahuan serta ma’rifat.

Maka harus terwujud kesamaan dalam perasaan keduanya, dan dalam aktivitas keduanya. Serta tidak ada yang saling tutup menutupi satu sama lain mengenai persoalan menyangkut kehidupan rumah tangga.

Kedua, adanya kesamaan keduanya dalam hal kemanusiaan. Laki-laki dan perempuan setara dalam hal kemanusiaan. Jika salah satunya merasa lebih unggul dari yang lain maka bisa terjadi kekerasan dan kegagalan rumah tangga.

Ketiga, adanya kesamaan keduanya dalam hal mencintai satu sama lainnya. Tidak ada batasan (cinta) dalam pernikahan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Seperti dilansir website Jatman, tidak akan berhasil sebuah pernikahan bila suami istri yakni satu sama lain tidak saling mencintai. Maka keduanya harus saling mencintai.

“Sedangkan satu hal yang harus berbeda adalah pernikahan antara laki-laki dan perempuan. Bukan pernikahan sesama laki-laki, bukan juga pernikahan sesama perempuan,” tutup Penulis Tafsir Al Misbah tersebut di Youtube.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya