nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indahnya Masjid Faisal yang Arsitekturnya Terinspirasi dari Tenda Badui

Tiara Syifa, Jurnalis · Jum'at 07 Februari 2020 11:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 07 615 2164797 indahnya-masjid-faisal-yang-arsitekturnya-terinspirasi-dari-tenda-badui-BvuYO6cDz7.jpg Indahnya Masjid Faisal (Foto: Mvslim)

Masjid sangat lekat dengan agama Islam dan menjadi tempat muslim melakukan berbagai aktivitas keagamaan. Selain menjadi tempat ibadah, masjid sekarang ini juga memiliki daya tarik sendiri melalui bentuk bangunannya.

Melansir dari Mvslim, Jumat (7/2/2020), terdapat sebuah masjid yang sangat indah di Islamabad, Pakistan yakni Masjid Faisal. Masjid ini merupakan masjid yang memiliki arsitektur modern dan penuh cita rasa tinggi.

 Masjid Faisal

Tampilan unik Masjid Faisal terinspirasi dari tenda Suku Badui, Arab. Suku Badui adalah suku-suku nomaden di Arab dan tenda-tenda mereka yang mudah diatur merupakan simbol cara hidup yang keras tapi alami.

Raja Faisal bin Abdul Aziz dari Arab Saudi yang merencanakan pembangunan dan mendanai pembangunan Masjid Faisal tersebut. Masjid ini merupakan hadiah Raja Faisal kepada rakyat Pakistan.

Masjid ini dirancang oleh arsitek Turki, Vedat Dalokay, yang desainnya pernah memenangkan kompetisi internasional yang diadakan pada 1969 dengan 43 proposal desain dari 17 negara yang diajukan.

Arsitek tersebut merancang bangunan masjid tanpa kubah tradisional atau lengkungan. Setelah selesai pada 1986, Masjid Faisal menjadi terbesar di dunia sampai 1993 ketika Masjid Hassan II di Maroko dibangun.

Masjid Faisal dibangun di Islamabad di dasar Bukit Margalla yang merupakan paling selatan di Himalaya. Masjid Faisal dibangun di atas sebidang tanah yang tinggi dan menawarkan pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan.

Struktur Masjid Faisal berbentuk tenda meliputi aula doa utama yang didekorasi dengan marmer dan mosaik serta dapat menampung 10.000 jamaah. Jika dikombinasikan dengan halaman, maka akan ada lebih dari 250.000 jamaah dapat ditampung di masjid ini.

 Masjid Faisal

Selain itu, di masjid ini juga terdapat perpustakaan, ruang kuliah, museum, dan kafe.

Desain yang unik dengan latar belakang perbukitan hijau Margalla menjadi sebuah daya tarik yang dapat menambah jamaah di masjid tersebut. Banyak traveler yang mengunjungi masjid tersebut untuk beribadah ata sekedar selfie karena kagum dengan keindahan dan kemegahannya.

Sebagai masjid nasional Pakistan, masjid tersebut menjadi simbol kebanggaan nasional bangsa. Masjid ini sangat populer bagi para traveler. Mereka mengagumi bangunan unik dan indahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini