nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Bacaan dan Makna Shalawat Tibhil Qulub

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 12 Februari 2020 13:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 12 330 2167247 ini-bacaan-dan-makna-shalawat-tibhil-qulub-MFVsVK1Pb1.jpg Ilustrasi. Foto: Spectator

PENGURUS Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengimbau seluruh pengurus wilayah, cabang, lembaga, badan otonom NU dan ponpes di semua tingkatan agar membacakan shalawat thibbil qulub. Hal ini sebagai bagian dari ikhtiar untuk mengatasi virus korona sekaligus amalan memohon perlindungan dari sumber penyakit tersebut.

Shalawat thibbil qulub merupakan amalan yang memiliki manfaat yang luar biasa, yaitu sebagai obat untuk menyembuhkan segala jenis penyakit. Hal ini dipertegas oleh Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin.

Ia mengatakan selain mengungkapkan rasa cinta dan kerinduan kepada Nabi Muhammad SAW, membaca shalawat shalawat thibbil qulub bisa mencegah datangnya segala penyakit, termasuk penyakit yang disebabkan virus korona.

“Membaca shalawat Nabi adalah bentuk kecintaan dan kerinduan pada beliau, menuangkan segala keresahan kepada Allah akan kondisi hati yang terkandang lemah dan sakit, yang bisa jadi memicu lemahnya imunitas tubuh dan jasmani manusia,” ujar Ainul saat dihubungi Okezone, Rabu (12/2/2020).

Ia melanjutkan, shalawat thibbil qulub banyak dinisbatkan oleh Syaikh Abu al-Barakat Ahmad ad-Dardir dalam Kitab Saadah ad-Darain fi Shalat ‘alaa Sayyid al-Kaunain, Syaikh Yusuf Ibn Ismail an-Nabhani, dan bacaannya yang masyhur yaitu sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا . وَعَافِيَةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا . وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا . وَقُوْتِ اْلأَرْوَاحِ وَغِذَائِهَا . وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ .

Allahuma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin thibbil quluubi wadawaa-iha wa‘aafiyatil abdaani wasyifaa-ihaa wanuuril ab-shaari wadhiyaa-ihaa waquutil ajsaadi wal arwaahi wa ghidaa-ihaa wa’alaa aalihii washohbihii wasaliim

Arti atau maknanya: ”Ya Allah, limpahkanlah rahmat yang disertai ta’dzim kepada Nabi Muhammad sebagai penyembuh semua hati dan menjadi obatnya, keafiatan badan dan kesembuhannya, cahaya segala penglihatan dan menjadi sinarnya, menjadi makanan jiwa santapannya. Dan semoga terlimpahkan pula shalawat dan salam kepada keluarga dan sahabat beliau.”

Beberapa keutamaan shalawat ini, seperti yang disampaikan Syaikh Ahmad Ibn Muhammad ash-Shawiy al-Malikiy berkata: “Apabila shalawat Thibb al-Qulub dibaca sebanyak 400 kali atau 2.000 kali, diniatkan untuk orang sakit, maka dengan izin Allah penyakit apapun akan sembuh.(Syaikh Ahmad Ibn Muhammad ash-Shawiy dalam kitab al-Asrar ar-Rabbaniyyah wa al-Fuyudh ar-Rahmaniyyah ‘ala Shalawat ad-Dardiriyyah halaman 46).

“Tujuan dan subtansi membaca shalawat (thibbil qulub) selain kecintaan kepada Allah dan RasulNya, juga menjadi harapan dan doa umat Islam agar kelak mendapat syafaat dari Nabi Muhammad SAW,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini