nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Menjaga Pandangan dalam Islam, Pertama Puasa

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 19 Februari 2020 17:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 19 616 2170932 tips-menjaga-pandangan-dalam-islam-pertama-puasa-lAPZG5KCoL.JPG Ilustrasi. Foto: Shutterstock

DALAM Islam telah diatur mengenai tata cara hidup yang baik termasuk hukum memandang. Umat Islam dianjurkan untuk menundukkan pandangan terhadap lawan jenis guna menghindari fitnah.

Lalu bagaimana cara menjaga pandangan dalam Islam? Ketua Ikatan Sarjana Quran Haditst Ustadz Fauzan Amin mengatakan, ada tiga cara untuk menjaga pandangan sekaligus menahan nafsu terhadap lawan jenis, yaitu:

1. Puasa

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُودٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهَ ، قَالَ لَنَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللّٰـهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمُ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ، فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ، وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ

Dari ‘Abdullah bin Mas’ûd , Rasulullah bersabda kepada kami, “Wahai para pemuda! Barangsiapa di antara kalian berkemampuan untuk menikah, maka menikahlah! Karena menikah itu lebih menundukkan pandangan, dan lebih membentengi farji (kemaluan). Dan barangsiapa yang tidak mampu, maka hendaklah ia shaum (puasa) karena shaum itu dapat membentengi dirinya.”

2. Cari aktifitas yang positif, biasanya dilakukan di pesantren-pesantren seperti mengaji, berpuasa Senin dan Kamis, melakukan olahraga, dan lain-lain.

3. Mendekatkan diri kepada Allah.

Sementara dikutip dari buku Fiqih Cinta karya Abdul Aziz Ahmad, berikut manfaat menjaga pandangan dalam Islam.

Pertama: Membersihkan hati dari sakitnya nestapa. Karena siapa yang melepaskan pandangannya, maka akan berlanjut nestapanya. Hal yang paling berbahaya bagi hati adalah melepaskan pandangan.

Karena jika ia melihat sesuatu yang dapat menguatkan keinginannya, maka ia tidak akan dapat bersabar (selalu penasaran) untuk dapat berhubungan dengannya. Inilah penyebab sakit dan rasa tersiksanya.

Kedua, menundukkan pandangan akan menyalakan cahaya dan gemerlap di dalam hati, yang terpancar lewat mata, wajah, dan tubuh. Sedangkan melepaskannya dapat mengakibatkan kegelapan yang terlihat pada wajah dan tubuh. Karena itu, Allah SWT berfirman:

"Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi",. (QS an-Nür, 24:35).

Ayat ini adalah kelanjutan dari firman Allah SWT:

"Katakanlah kepada orang menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya,." (QS an-Nür, 24:30).

Ketiga, menundukkan pandangan dapat menimbulkan firasat yang benar. Jika hati bersinar, maka firasat akan benar, karena ia seperti cermin yang dipandang.

Berkata Syuja' Karmany: "Siapa yang menyuburkan lahirnya dengan mengikuti sunah, dan batinnya dengan perasaan diawasi Allah SWT (muraqabah), selalu menundukkan pandangannya dari hal-hal yang terlarang, menahan dirinya dari syahwat, dan makan yang halal, niscaya firasatnya tidak akan pernah keliru."

Keempat: menundukkan pandangan akan membuka jalan-jalan dan pintu-pintu ilmu, dan memudahkan sebab-sebabnya. Hal ini disebabkan oleh cahaya hati. Karena jika hati bersinar, maka akan nampaklah di dalamnya berbagai hakikat informasi, dan tersingkaplah dengan cepat kepadanya, lalu menembus ke berbagai sisi. Siapa yang melepaskan pandangannya, maka hatinya akan keruh dan gelap, maka tertutuplah pintu ilmu dan jalan-jalannya baginya.

Kelima: menundukkan pandangan memberikan kekuatan hati, keteguhan, dan keberanian yang menjadikan seseorang memiliki kekuatan pandangan hati dan hujah. Di dalam atsar dikatakan bahwa orang yang menentang hawa nafsunya, maka setan akan berpisah dari bayangannya. Karena itu, pada orang yang mengikuti hawan nafsunya akan ditemukan kerendahan hati serta kehinaan diri, yang dijadikan Allah SWT kepada orang yang lebih memprioritaskan hawa nafsunya dari keridoan-Nya.

Al-Hasan berkata: "Mereka adalah meski ada baghal yang berjalan cepat bersama mereka, dan kuda perang yang berderap, jika ada kehinaan maksiat di dalam hati mereka, maka Allah SWT akan merendahkan orang yang bermaksiat kepada mereka."

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini