Menyambut Bulan Rajab, Bacalah Kedua Doa Ini

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 24 Februari 2020 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 24 618 2173285 menyambut-bulan-rajab-bacalah-kedua-doa-ini-dFYLh8ykuE.jpg Berdoa bersama (Foto: Bernama)

Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang memiliki banyak keberkahan. Umat Islam pun berlomba-lomba dalam kebaikan seperti memperbanyak istighfar, melaksanakan puasa sunah hingga bersedekah.

Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin menuturkan, terdapat berbagai amalan saleh yang dapat dilakukan di bulan Rajab. Salah satunya adalah memperbanyak membaca doa.

 berdoa

"Ulama-ulama banyak yang menjadikan Rajab momen istimewa untuk melebur diri dengan memperbanyak ibadah di dalamnya. Termasuk amalan, yakni memperbanyak istighfar juga doa," katanya saat dihubungi Okezone, Senin (24/2/2020).

Terdapat doa yang dibaca ketika menyambut bulan Rajab tiba, yaitu,

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Artinya: "Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadan." (Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir).

Lebih lanjut, kata Ustadz Ainul Yaqin, terdapat doa lain yang khusus dibaca ketika bulan Rajab. Doa berikut ini diamalkan sebanyak tiga kali dalam sehari.

"Dibaca sebanyak tiga kali di waktu pagi hari dan sore hari di bulan Rajab," ucapnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Doa yang dimaksud adalah sebagai berikut:

للَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Allohumma anta robbi, la ilaha illa anta kholaqtani wa ana ‘abduka wa ana ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. A’udzubika min syarri ma shona’tu, abu–u laka bini’matika ‘alayya wa abu-u bidzambi faghfirli fainnahu la yaghfirudz dzunuba illa anta

Artinya: "Ya Allah, Engkaulah Tuhanku, tidak ada yang patut disembah kecuali Engkau. Engkaulah yang telah menciptakanku, dan aku adalah hamba-Mu dan di atas ikatan janji-Mu yang aku jalankan semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari segala perbuatan jelek yang telah kuperbuat. Aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku kepada-Mu. Maka ampunilah aku, sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni segala dosa kecuali Engkau." (Syaikh Abdul Hamid bin Muhammad Ali Quds dalam kitab Kanzun Najah was Surur fil Ad’iyah al-Lati Tasyrohus Shudur).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya