nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Idaman Semua Pria, Ini 5 Ciri Istri Salehah dalam Islam

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Rabu 26 Februari 2020 10:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 26 614 2174240 idaman-semua-pria-ini-5-ciri-istri-salehah-dalam-islam-OdCuPHm7DZ.jpg Ilustrasi. Foto: NPR

SETIAP pria pasti ingin menikah ketika usia ideal sudah tiba. Kemudian ketika hendak menikah, pria tentu menginginkan wanita yang bisa jadi istri salehah.

Nah dalam menilai seorang wanita salehah atau tidak, tidak hanya dari sisi penampilannya saja, namun juga ditinjau dari hati dan akhlaknya.

Lalu bagaimana ciri atau kriteria istri salehah dalam Islam? Dikutip dari laman Jam'iyyah Ahlith Thariqah Al Mu'tabarah An Nahdliyyah (JATMAN) pada Rabu (26/2/2020), berikut 5 ciri istri salehah.

Pertama, jika melihatnya membuat hati senang dan bahagia. Hal ini terjadi lantaran perempuan salehah selalu menampilkan diri dengan baik dan indah secara lahir dan batin. Bisa dikatakan, cantiknya bukan hanya dari penampilan fisiknya, tapi juga dari kebersihan hati dan akhlaknya. Selain itu ia juga konsisten selalu menyibukkan diri dengan ketaatan dan aneka aktivitas yang bermanfaat serta bernilai.

Kedua, taat kepada suami. Perempuan yang salehah tahu benar kedudukan dan posisinya dalam keluarga. Itu sebabnya, saat suami memerintahkannya dengan sesuatu yang sesuai dengan syariat atau budaya segera dikerjakannya. Ketaatan ini akan membuat suami ridha dan mengantarkannya masuk surga. Tidak keluar rumah atau bepergian serta tidak mengizinkan lelaki yang bukan mahram masuk rumah tanpa seizin suami.

Ketiga, menjaga harta dan kehormatan. Istri salehah selalu amanah, ketika suami pergi atau sedang tidak di sisinya, ia selalu menjaga kehormatan diri dan nama baik keluarga. Menjaga harta dan aset yang dititipkan padanya serta menggunakannya sebaik mungkin sesuai kebutuhan dan keperluan termasuk menunaikan zakat. Istri salehah juga menjaga aib serta rahasia suami dan keluarga, termasuk tidak mudah mengumbar rahasia di media sosial.

Keempat, mendidik anak sesuai tuntunan agama dan tuntutan zaman. Istri salehah mendidik anak sesuai usia dan proses tumbuh kembangnya. Ia mendidik anak agar mencintai Allah dan Nabi Muhammad SAW. Meneladankan padanya akhlak yang mulia. Istri salehah merawat, mengasuh, dan membesarkan anak dengan penuh kasih sayang dan ketulusan. Mendukung potensi dan bakatnya agar bisa beradaptasi sesuai zamannya dan mengabdi pada tanah airnya.

Kelima, pandai bersyukur. Syukur bisa bermakna menerima sedikit dan menganggapnya banyak. Serta memberi banyak namun menganggapnya sedikit. Sehingga sekecil apapun pemberian suami akan dinilainya besar dan disyukurinya. Istri yang pandai bersyukur akan mengundang banyak rezeki bagi keluarga. Bersyukur karena melihat bahwa Allah lah yang memberikan rezeki.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini