nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Curhat Travel Agent saat Arab Saudi Tutup Pintu Umrah karena COVID-19

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 27 Februari 2020 17:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 27 614 2175143 curhat-travel-agent-saat-arab-saudi-tutup-pintu-umrah-karena-covid-19-HdVoEu6R18.jpg Ibadah umrah sangat didambakan (Foto: Inst)

Buntut dari kasus penyebaran COVID-19 membuat Pemerintah Arab Saudi secara resmi menangguhkan sementara kedatangan jamaah umrah dari luar negara mereka. Kebijakan tersebut telah dirasakan jamaah asal Indonesia yang hari ini dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci.

Hal tersebut dijelaskan secara gamblang oleh Budi (bukan nama asli), pemilik travel agent asal Jakarta yang menyediakan jasa perjalanan umrah.

Kepada Okezone, Budi menjelaskan, pembatalan keberangkatan jamaah umrah di Tanah Air memang dilakukan secara mendadak.

jamaah umrah terdampar di bandara 

"Pembatalan itu resminya baru jam 12 siang tadi. Ya, memang ini risiko bisnis, jadi mau tidak mau kita harus menunda keberangkatan sampai waktu yang belum ditentukan. Sekarang sih fokus kami mengurus jamaah yang masih terjebak di Bandara Soekarno-Hatta," ujar Budi saat dihubungi via sambungan telepon, Kamis (27/2/2020).

Lebih lanjut Budi menjelaskan, untuk jadwal keberangkatan pagi tadi, seluruh jamaah berhasil diberangkatkan oleh sejumlah maskapai penerbangan. Tak terkecuali 80 jamaah umrah yang menggunakan jasa perjalanannya.

"Ini memang tiba-tiba banget, yang pagi malah terbang. Kita juga jadi deg-degan. Tapi di sana sudah ada tim yang akan mengurus seluruh keperluan jamaah. Mudah-mudahan masih bisa diperbolehkan melaksanakan ibadah, karena sudah terlanjur berada di Tanah Suci," timpalnya.

Hingga berita ini dituliskan, Budi mengatakan bahwa masih banyak jamaah yang terjebak di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta menunggu kepastian dari pihak maskapai dan lembaga-lembaga terkait.

"Masih menunggu kepastian. Karena tidak ada pernyataan resmi pembatalan. Jadi tadi itu gate tiba-tiba ditutup saja. Jadi banyak yang menunggu informasi sampai jam 5 sore nanti," kata Budi.

Saat ditanyai seputar respons para calon jemaah umrah, Budi tidak memungkiri banyak jamaah yang merasa kecewa dengan kebijakan ini. Terutama mereka yang telah merencanakannya dari jauh-jauh hari,

"Respons jamaah ya beragam. Ada sih jamaah yang marah. Tapi mereka harus mengerti, karena kondisi ini kan bukan disengaja. Jadi yang bisa kami usahakan sekarang adalah menyediakan tempat penginapan dan mengurus keperluan-keperluan lainnya," tandasnya.

Hasil pantauan Okezone, buntut dari pembatalan keberangkatan jemaah umrah ini juga turut dirasakan oleh content creator sekaligus beauty influencer, Ayla Dimitri.

Mengutip unggahan terbarunya, Ayla mengungkapkan bahwa hari ini dia dan keluarga besarnya dijadwalkan untuk berangkat ke Tanah Suci demi melaksanakan ibadah umrah.

"Hari ini harusnya kita sekeluarga berangkat Umroh. Kami berdua udah excited banget, apalagi ini bakal jadi kali pertama buat aku. Dan ternyata hari ini penerbangan ke Saudi semua ditutup dan cancel sehubungan dengan keadaan yang sedang terjadi. Sedih banget. Sedih. Dari dulu selalu kepingin mengunjungi tanah suci.

 

View this post on Instagram

Hari ini harusnya kita sekeluarga berangkat Umroh. Kami berdua udah excited banget, apalagi ini bakal jadi kali pertama buat aku. Dan ternyata hari ini penerbangan ke Saudi semua ditutup dan cancel sehubungan dengan keadaan yang sedang terjadi. Sedih banget. Sedih. Dari dulu selalu kepingin mengunjungi tanah suci. . . Tapi semua ini atas kehendak Allah SWT. InshaAllah nanti ketika waktunya pas dan rejekinya lagi, kita bisa pergi lagi. For now lets stay safe ❤️. . . Yuk kita kembali bekerja! Buat yang kemarin aku sempet info gak available karena aku pergi Umroh, please hit me up (sambil aku track di whatsapp pun) 🙏🏻. InshaAllah kita berjodoh. . Dan thank youuu buat semua yang sudah support untuk persiapan umroh aku: @ikyk2011 @anandiaputri @atyasardadi @artkea @kamiidea @rumahayu @hijup @sarsof @aikilabyaiky ❤️❤️❤️ you guys are so generous! Kudoakan kalian rejekinya lancar selaluuuu!

A post shared by Ayla Dimitri (@ayladimitri) on

"Tapi semua ini atas kehendak Allah SWT. Insya Allah nanti ketika waktunya pas dan rejekinya lagi, kita bisa pergi lagi. For now lets stay safe ❤️," tambahnya.

"Yuk kita kembali bekerja! Buat yang kemarin aku sempet info gak available karena aku pergi umrah, please hit me up (sambil aku track di whatsapp pun) 🙏🏻. InshaAllah kita berjodoh," tulisnya pada keterangan foto.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini