Share

Jamaah Umrah Asal Indonesia di Makkah: Semua Berjalan Normal

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 28 Februari 2020 09:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 28 614 2175392 jamaah-umrah-asal-indonesia-di-makkah-semua-berjalan-normal-Fq6ZPmM2kd.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

PEMERINTAH Arab Saudi melarang kedatangan jamaah umrah dari berbagai negara, termasuk dari Indonesia. Kebijakan yang berlaku untuk sementara itu diambil sebagai langkah penanganan mewabahnya virus korona.

Lalu bagaimana kondisi jamaah umrah asal Indonesia yang sudah terlanjur berada di Tanah Suci? Jamaah asal Tangerang, Banten, Irfan Rahman mengatakan sejauh ini keadaan jamaah di Tanah Suci normal, yaitu tetap melakukan ibadah seperti seharusnya.

"Semalam waktu Makkah saya dapat info dari kakak di Indonesia, ada imbauan itu (red. larangan berangkat umrah), tapi di Makkah saat ini semua berjalan seperti biasa. Saya tidak melihat ada perlakuan khusus," ujarnya kepada Okezone pada Kamis 27 Februari 2020.

Lebih lanjut, kata Irfan, dua hari lalu ia sempat mendengar para petugas membicarakan vaksin yang diduga untuk pencegahan penularan virus korona.

"Cuma kalau tidak salah, kemarin pagi pas mau salat subuh ada petugas yang bilang 'vaksin-vaksin' gitu. Mereka petugas dari Arab sepertinya. Saya enggak begitu jelas (red. mendengarnya), soalnya buru-buru ke masjid," ucapnya.

Irfan bilang, sejauh ini petugas umrah dari Indonesia maupun Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) belum mengeluarkan imbauan secara serius terkait virus korona. "Belum ada imbauan dari petugas untuk jamaah umrah asal Indonesia," pungkasnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini