Ustadz Yusuf Mansur Unggah Video Pentingnya Merendahkan Hati di Depan Kiai

Rabu 04 Maret 2020 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 04 614 2177962 ustadz-yusuf-mansur-unggah-video-pentingnya-merendahkan-hati-di-depan-kiai-MeOqyTFSKo.jpg Santri sedang belajar ngaji (Foto: New York Times)

Ustadz Yusuf Mansur mengunggah sebuah video yang menggugah hati. Dalam video yang diunggahnya tersebut terlihat para santri mengantri dengan menundukkan diri untuk salaman dengan kiai yang mengajarkan ilmu kepada mereka.

"Belajar adab... merendahkan hati, merendahkan diri, di hadapan guru, di hadapan kiai," kata Ustadz Yusuf Mansur dalam akun Instagramnya @yusufmansurnew.

 

Ustadz Yusuf Mansur menjelaskan bahwa saat ini sikap merendahkan hati di depan guru dan kiai mahal sekali. Makanya sikap seperti ini perlu disebarkan lagi.

"Mohon doanya untuk para kiai...dan semua yang menyertai," pungkas Ustadz Yusuf Mansur.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sementara itu, Ketua Komunitas Dai Daiah Indonesia Ustadz Mahfud Said mengatakan, seorang murid sudah sepatutnya hormat kepada gurunya. Para santri sudah sepatutnya menghormati kiai yang mengajarkannya ilmu.

Sebab dari guru itulah para pelajar atau santri mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Oleh karena itu belajar dengan giat dan menghormati guru adalah tugas utama pelajar.

Menurut Ustadz Mahfud, dalam sebuah kitab, Umar bin Khattab menyampaikan, tawadu’lah kalian (pelajar) terhadap orang yang mengajari kalian. Tawadu sendiri memiliki makna rendah hati, tidak sombong, tidak angkuh, atau merendahkan diri agar tidak terlihat sombong.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya