Tak Hanya Larang Sentuh Kakbah, Arab Saudi Juga Tutup Area Sa'i

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 09 Maret 2020 13:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 09 614 2180411 tak-hanya-kakbah-ditutup-karena-covid-19-arab-saudi-juga-akan-larang-ibadah-sa-i-8N4Va4XzIG.jpg foto: Okezone

PEMERINTAH Arab Saudi hingga saat ini masih memperketat pengawasan untuk mencegah meluasnya wabah COVID-19 di Tanah Suci. 

Pengetatan mulai dilakukan dari penangguhan visa jamaah umrah, penutupan kakbah hingga penutupan tempat sa'i, yaitu bukit Shafa dan Marwa di Masjidil Haram.

Dikutip dari laman Middle East Eye, Senin (9/3/2020), kabar terbaru pemerintah Arab Saudi untuk sementara menutup area sa'i yaitu area di antara bukit Shafa dan bukit Marwa di Masjidil Haram. Hal ini berlaku hingga waktu yang belum ditentukan.

Raja Salman memang mengeluarkan keputusan Masjidil Haram sudah benar-benar dibuka, setelah sebelumnya sempat ditutup pada Kamis 5 Maret usai salat Isya hingga Jumat 6 Maret satu jam sebelum salat Shubuh untuk dilakukan sterilisasi. 

Kini, jamaah sudah diperbolehkan tawaf, namun belum diizinkan menyentuh Kakbah, mencium Hajar Aswad dan memasuki area sa'i. 

Serangkaian upaya lain seperti pembersihan instalasi pendingin udara dilakukan hingga sembilan kali dalam sehari. Penyemprotan desinfektan juga dilakukan minimal empat hari dalam sehari di seluruh area Masjidil Haram.

Selain ini, untuk mencegah semakin meluasnya virus Korona (COVID-19) pemerintah Arab Saudi juga menghentikan aktivitas belajar mengajar di seluruh masjid-masjid di negaranya mulai Senin 9 Maret mendatang. (fmi)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sebagai bagian dari langkah-langkah tersebut, pihak berwenang menutup bagian dalam Masjidil Haram untuk memungkinkan tim kebersihan mendisinfeksi area thawaf di dekat Kakbah. Menurut pejabat Saudi, aturan tersebut termasuk penutupan kedua masjid itu, antara salat Isya malam dan salat Subuh pagi, dan larangan makanan memasuki dua kompleks.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya