nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Tips Cegah COVID-19 di Masjid dan Musala

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Rabu 11 Maret 2020 08:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 11 616 2181415 6-tips-cegah-covid-19-di-masjid-dan-musala-cNpJrSw3F8.jpg Ilustrasi. Foto: Istimewa

SELURUH petugas rumah ibadah umat Islam baik yang berupa masjid maupun musala diimbau turut serta mencegah wabah virus korona (COVID-19). Imbauan ini disampaikan oleh Dewan Masjid Indonesia (DMI) beberapa waktu lalu.

"Intinya Dewan Masjid Indonesia pusat, dipimpin oleh Pak Jusuf Kalla berasama pengurus, ikut merespons. Merespons secara pro aktif terkait dengan perkembangan virus korona (COVID-19) yang ada di Indonesia ini, karena ini adalah fakta masalah yang harus dihadapi bersama dan perlu bekerja sama dengan semua pihak," ujarnya saat dihubungi Okezone pada Kamis 5 Maret 2020.

Lebih lanjut DMI membagikan 6 tips mencegah korona di masjid, yaitu:

1. Lantai masjid atau mushala dibersihkan dengan menggunakan cairan desinfektan.

2. Bersihkan tempat wudhu dan toilet dengan cairan desinfektan.

3. Karpet atau sajadah rutin dibersihkan. (Penggunaan penyedot debu atau alat pembersih lain sangat disarankan).

4. Jamaah yang hendak salat diimbau membawa sajadah atau sapu tangan atau kain bersih sendiri sebagal alas sujud masing-masing.

5. Mintalah jamaah yang sedang batuk, demam, dan sakit seperti flu atau salesma, agar salat di rumah hingga pulih.

6. Meminta warga ikut melakukan upaya tanggap COVID-19, melaporkan jika ada warga masyarakat diduga terdampak virus korona, khususnya di sekitar masjid atau musala.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini