Saking Pentingnya Tidur sampai Ditulis dalam Alquran

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 13 Maret 2020 11:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 13 614 2182666 saking-pentingnya-tidur-sampai-ditulis-dalam-alquran-4PXVy6E0CZ.jpg Saatnya tidur di malam hari (Foto: Annoqri)

Tidur adalah salah satu hal yang paling penting bagi kehidupan manusia. Rasulullah SAW pun menganjurkan supaya umatnya beristirahat yakni dengan cara tidur. Bahkan Rasulullah juga melarang umatnya bergadang.

"Tidur itu sunatullah, di dalam Alquran disebut," kata Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadist Indonesia, Ustadz Fauzan Amin saat dihubungi Okezone, Jumat (13/3/2020).

 menjelang tidur

Allah SWT berfirman, QS. Al-Baqarah [2]:255:

اللَّـهُ لَا إِلَـٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ مَن ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِندَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ۖ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Artinya: "Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar."

Ustadz Fauzan menjelaskan, sebelum tidur Rasulullah biasa mensucikan diri dengan cara berwudhu. Kemudian dilanjutkan dengan salat sunah, dan berzikir hingga terlelap.

Rasulullah SAW bersabda,

مَنْ بَاتَ طَاهِرًا، بَاتَ فِي شِعَارِهِ مَلَكٌ، فَلَمْ يَسْتَيْقِظْ إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِعَبْدِكَ فُلَانٍ، فَإِنَّهُ بَاتَ طَاهِرًا

Artinya: "Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci.’" (HR. Ibn Hibban).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Oleh karena itu, kebanyakan para ulama pun menerapkan apa yang dilakukan Rasulullah sebelum tidur. Sehingga ketika terjaga di malam hari, ia akan selalu terlindungi.

"Kenapa muncul istilah tidurnya orang alim itu lebih baik dari ibadahnya orang bodoh? Semua itu karena faktor niat," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya