nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Amalan Yusuf Mansur agar Terhindar dari COVID-19, Lakukan Pagi dan Sore

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Minggu 15 Maret 2020 00:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 14 330 2183449 amalan-yusuf-mansur-agar-terhindar-dari-covid-19-lakukan-pagi-dan-sore-72jjH6bc2q.jpg Ilustrasi. Foto: Thoughhtcho

PEMERINTAH menutup semua tempat wisata dan sekolah di Jakarta untuk sementara waktu guna mencegah penularan virus korona COVID-19. Sementara untuk skala nasional dilaporkan 96 warga terjangkit virus tersebut.

Pemerintah juga sudah berungkali memberikan panduan untuk mencegah penularannya, di antaranya menjaga kebersihan, menyematkan fasilitas sterilisasi tangan di berbagai tempat umum, dan lain-lain.

Bagaimana panduan pencegahan penularannya dari sisi agama? Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengimbau agar umat Muslim menjaga kebersihan masjid, menyarankan agar jamaah membawa sajadah masing-masing ketika hendak salat di masjid, tidak bersalaman, dan meminta agar yang sakit salat di rumah.

Terbaru, ulama dari Pondok Pesantren Daarul Quran Ustadz Yusuf Mansur menyerukan Muslim agar menjalankan amalan menolak bala guna mencegah COVID-19. Lewat akun Instagram @Yusufmansurnew ia memaparkan amalan itu. Pertama, membaca doa berikut tiga kali pada pagi dan tiga kali pada sore, setiap hari:

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

“Bismillahilladzi La Yadhurru Ma’asmihi Syai’un fil Ardhi wa Laa fis Sama’i wa Huwas Sami’ul ‘Alim.”

Artinya: “Dengan nama Allah Yang bersama NamaNya sesuatu apa pun tidak akan celaka baik di bumi dan di langit. Dialah Maha Medengar lagi maha Mengetahui.”

Kedua, membaca Surah Al Ikhlas, Al Falaq, An Nas masing-masing tiga kali pada pagi dan tiga kali pada sore, setiap hari.

"Baca tiga kali di pagi dan di sore hari, sekeluarga ya, dan sama kawan-kawan supaya terhindar dari virus korona COVID-19 dan semua keburukan, kejahatan, kebangkrutan, kerugian, kehancuran, kebinasaan, kehinaan, penyakit, virus-virus, bala, musibah, bencana... Dan segala yang dianggep engga enak, menyakitkan, melelahkan, menghinakan, merugikan, mengecewakan, menjatuhkan, dan lain-lain, kejahatan dan keburukan...," tulis Yusuf Mansur.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini