Pandemi Corona, Arab Tutup Semua Masjid kecuali Masjidil Haram & Masjid Nabawi

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 18 Maret 2020 11:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 18 615 2185116 pandemi-corona-arab-tutup-semua-masjid-kecuali-masjidil-haram-masjid-nabawi-vr6X089X4P.jpg Masjid Nabawi Masih Dibuka untuk Umum di Tengah Wabah Corona (Foto: Reuters)

RIYADH – Kerajaan Arab Saudi menutup seluruh masjid sejak Selasa 17 Maret 2020 hingga waktu yang belum ditentukan. Tak ada lagi kegiatan sholat jamaah 5 waktu, sholat Jumat, taklim dan aktivitas keagamaan lain. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi pencegahan Pandemi Virus Corona (COVID-19) yang terus meningkat.

Dilansir dari laman Dawn, Rabu (18/3/2020), pengecualian berlaku untuk Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Kedua masjid ini tetap dibuka untuk publik.

Masjid-masjid yang ditutup akan tetap mengumandangkan adzan yang dibawakan oleh muadzin, tetapi mengubah kalimat yang mengarahkan agar masyarakat melaksanakan sholat di rumah.

Hingga saat ini, imbauan tersebut masih menjadi pro kontra bagi beberapa komunitas muslim. Mereka berpendapat agama dikalahkan oleh kepentingan kesehatan.

Menteri Urusan Islam Arab Saudi Abdulatif al-Sheikh mengatakan, fasilitas untuk memandikan jenazah di masjid akan tetap dibuka, hanya saja akses akan dibatasi untuk beberapa orang. Mengenai doa jenazah, hanya akan diizinkan di pemakaman, bukan di masjid.

Setidaknya, 150 kasus positif cirus Corona (COVID-19) telah dilaporkan di Arab Saudi. Sementara belum ada korban jiwa. Pemerintah setempat pun telah mengambil langkah signifikan untuk memerangi penyebaran Virus Corona, termasuk menangguhkan umroh, menghentikan semua penerbangan internasional, dan menutup sebagian besar perusahaan publik.

Dari segi hiburan, kerajaan juga telah menutup bioskop, restoran, dan juga mall untuk mencegah terjadinya penyebaran virus corona. Akses menuju tempat-tempat umum juga telah dibatasi.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya