MUI Imbau Umat Bayar Zakat Mal untuk Bantu Warga yang Kesusahan akibat Wabah Corona

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 13 April 2020 14:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 13 614 2198381 mui-imbau-umat-bayar-zakat-mal-untuk-bantu-warga-yang-kesusahan-akibat-wabah-corona-bjvHJa1KSa.jpg Membagi zakat kepada kaum dhuafa (Foto: Gustazos)

Pandemi virus corona (COVID-19) berimbas kepada perekonomian masyarakat yang kian menurun karena minimnya aktivitas kerja. Khususnya para pelaku usaha menengah ke bawah hingga buruh sangat merasakan perubahan yang drastis akibat mewabahnya penyakit tersebut.

Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Asrorun Niam Sholeh mengatakan, bagi masyarakat yang mampu dan sudah mencapai nisabnya maka diperbolehkan untuk memberikan zakat mal atau zakat harta benda dengan tujuan meringankan beban orang yang membutuhkan akibat pandemi corona.

"Mempercepat penunaian zakat demi fakir miskin atau orang yang membutuhkan. Secara syari pemberian zakat mal sebelum waktunya dibolehkan," katanya saat melakukan konferensi pers melalui live streaming di kantor Badan Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Pusat, Senin (13/4/2020).

 berzakat

Asrorun menjelaskan, pelaksanaan zakat dapat didahulukan dan telah disepakati oleh Fatwa Ijtima Ulama, Komisi Fatwa MUI pada 2018 di Banjar Baru, Kalimantan Selatan, menetapkan setiap muslim yang penghasilannya mencapai nisab setiap bulannya maka dia boleh membayar zakat meski belum satu tahun.

"Ini semata untuk memberikan dukungan dan meringankan orang-orang yang membutuhkan akibat wabah COVID-19 yang masih belum terkendali," ucapnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Selain membayar zakat, sedekah juga dapat menolak bala seperti mengurangi penyebaran COVID-19. Antara lain tidak berkerumun, tidak mudik, menjaga ucapan dengan tidak menebar hoax hingga berdiam diri untuk menghindari penularan corona.

"Menghilangkan bahaya bagi muslim, potensi penularan yang kita hindarkan itu juga sedekah," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya