Bagaimana Sikap Seorang Muslim Menyambut Ramadhan? Simak Penjelasannya

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 16 April 2020 13:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 16 616 2200076 bagaimana-sikap-seorang-muslim-menyambut-ramadhan-simak-penjelasannya-OdFiOI5O7t.jpg foto: ist

BULAN Suci Ramadhan 1441 tinggal menghitung hari. Meskipun pandemi virus corona (COVID-19) masih mengjangkit, namun tampaknya tidak melunturkan semangat umat Islam untuk menyambut hari-hari yang penuh berkah tersebut. Serta diiringi sikap penuh syukur karena telah dipertemukan kembali dengan Ramadhan.

Pernyataan tersebut dikatakan oleh Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin. Ia menuturkan, bahwa Ramadhan merupakan waktu yang diberikan Allah Subhanahu wa Ta'ala bagi orang-orang beriman.

Allah Ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,"(QS. al Baqarah:183)

"Ayat tersebut menandaskan, bahwa Ramadhan adalah ibadah yang ditujukan Allah kepada orang yang beriman, dan merupakan ibadah istimewa yang penuh dengan fasilitas amalan kebaikan, diberikan kepada umat Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam sebagaimana juga umat terdahulu sebelum kita, sebagai bulan khusus meng upgrade keimanan, ketakwaan serta harapan pengampunan dosa kita," ujarnya saat dihubungi Okezone, Kamis (16/4/2020).

Lebih lanjut, kata dia, Ramadhan menjadi bulan yang penuh keberkahan. Salah satu agar umat Islam dapat mempertebal keimanannya, yaitu dengan menjalankan puasa selama satu bulan penuh.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

أتاكم رمضان شهر مبارك. فرض الله عز وجل عليكم صيامه، تفتح فيه أبواب السماء، وتغلق فيه أبواب الجحيم، وتغلّ فيه مردة الشياطين، لله فيه ليلة خير من ألف شهر، من حرم خيرها فقد حرم

Artinya: "Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Allah wajibkan kepada kalian puasa di bulan ini. Di bulan ini, akan dibukakan pintu-pintu langit, dan ditutup pintu-pintu Neraka, serta setan-setan nakal akan dibelenggu. Demi Allah, di bulan ini terdapat satu malam yang lebih baik dari pada 1000 bulan. Siapa yang terhalangi untuk mendulang banyak pahala di malam itu, berarti dia terhalangi mendapatkan kebaikan." (HR. Ahmad- Nasai 2106)

"Tidak main-main Allah memberikan Fasilitas khusus untuk kita agar memanfaatkan momentum Ramadhan, sebagai sarana menarik RidhoNya," katanya.

Selain itu, dalam setiap hitungan hari, jam dan detiknya pada Ramadhan dipenuhi berbagai keutamaan dan keistimewaan. Terlebih secara khusus Allah menutup pintu Neraka, membelenggu setan dan Iblis agar yakni bertujuan agar umat Islam khusyuk beribadah kepada Allah Ta’ala .

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Rasullah bersabda;

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: "Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu pasti diampuni". (HR. Bukhari dan Muslim)

"Jika kita ingin menghapus dosa kita, bertaubat karena banyak kealpaan kita, serta maksiat kita yang berbuih karena terlalu banyak, maka kesempatan di Bulan Suci ini kita puasa, jangan lupa meminta agar dosa kita dibersihkan Allah, dicuci bersih, dibilas dengan Maghfirah dengan ampunan Allah walau sebesar apapun dosa kita," tuturnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya