Kasus Corona di Mekkah, 1.050 Warga Dinyatakan Positif

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 17 April 2020 10:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 17 614 2200569 kasus-corona-di-mekkah-1-050-warga-dinyatakan-positif-IjTijv3b3W.jpg Kakbah dibersihkan. Foto: Saudigazette.

Hingga saat ini Arab Saudi masih melakukan lockdown atau mengisolasi sejumlah wilayah guna mencegah penularan virus corona (COVID-19). Contoh yang terkena isolasi wilayah yakni Kota Mekkah dan Riyadh.

Pemerintah Saudi terus berupaya menahan penyebaran virus corona di Kota Suci umat Islam, Mekkah. Pengawasan ketat dilakukan di permukiman padat penduduk dan kampung para pekerja.

Tercatat hingga 15 April 2020, total kasus corona yang dilaporkan di Mekkah yaitu 1.050, sedangkan di Kota Riyadh 1.422 warga terjangkit.

Mekkah tergolong parah karena luas wilayah berpenduduk 2 juta jiwa itu, jauh lebih kecil dari Riyahd. Dilansir dari laman World News pada Jumat (17/4/2020), luas wilayah Riyadh sekira tiga kali Kota Mekkah.

Lebih lanjut dikabarkan banyaknya imigran gelap yang datang ke Mekkah, membuat petugas kesulitan melakukan upaya pencegahan penularan corona. Akibatnya penanganan virus tersebut jadi melambat.

Pada akhir Maret 2020 dikabarkan virus corona menular ke karyawan perusahaan konstruksi terbesar di Arab Saudi, Saudi Binladin Group. Lima karyawan perusahaan yang berdomisili di Mekkah dinyatakan positif.

Paska temuan itu, pemerintah menerapkan lockdown di permukiman 8.000 buruh, diikuti dengan kebijakan penangguhan perluasan Masjidil Haram.

Sejauh ini pihak kerajaan terus berupaya melindungi Mekkah dan tempat-tempat suci lain. Hal ini memang menghkawatirkan mengingat negara-negara lain cukup parah, seperti Italia dan Amerika Serikat.

Sebelumnya dikabakrn jutaan peziarah Muslim mengunjungi Mekkah setiap tahunnya, namun karena ada wabah penyakit, dan Raja Salman pun menjaga Kota Suci itu dari penularan corona yang lebih parah. Penjagaan dilakukan dengan menutup Mekkah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya