7 Kabar Gembira dari Takwa (2)

Sabtu 25 April 2020 20:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 25 330 2204705 7-kabar-gembira-dari-takwa-2-pS3XMSPNWx.jpg

Pembaca yang baik hati. Sebelum kita menjawab pertanyaan kemarin tentang apa itu takwa, sebaiknya kita lirik dulu, apa kabar gembira dari takwa?

Bagi kita yang saat ini berpuasa di bulan Ramadhan yang ternyata bertepatan dengan musibah wabah corona atau Covid-19, perlu kiranya kita mengkaji tentang kabar gembira dari takwa.

Allah SWT banyak menyebut kata takwa dalam Alquran. Yang menarik dari ayat-ayat tentang takwa, Allah menerangkannya dengan jelas dan jernih. Allah menebar ayat-ayat kebahagiaan dari takwa di beberapa surat dalam Alquran.

Pertama, misalnya, dalam QS. Ath-Thalaq (65:2), kata Allah, “barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar.” Kita sebagai manusia selalu memiliki masalah, yang terkadang, dengan segala kelemahan dan kekurangan kita, kita tidak menemukan solusinya. Jika ini terjadi kepada kita, solusi dari masalah dan jalan keluarnya adalah bertakwa kepada Allah. Dan Allah akan memberi jalan keluarnya.

Kedua, masih dalam QS. Ath-Thalaq (65:3), yaitu, kata Allah, “dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. ”Ketakwaan akan membawa keberkahan. Begitu kira-kira. Jika kita sedang sempit maupun sedang lapang, kita harus selalu mendekat dan bertakwa kepada Allah. Terlebih di musim krisis saat pademi corona ini. Orang yang bertakwa akan Allah beri rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.

Ketiga, lanjutan dari ayat di atas yaitu QS. Ath-Thalaq (65:4), Allah menerangkan bahwa, “dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.”

Ayat ini dapat bermakna tidak ada kemudahan kecuali Allah yang memudahkannya. Spesial dari orang yang bertakwa adalah, urusan-urusan apa pun, akan Allah mudahkan. Ini janji Allah dan Allah Maha Pengasih lagi Penyayang.

Keempat, pun dalam QS. Ath-Thalaq (65:5), Allah berfirman, “barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan akan melipat gandakan pahala baginya.”

Luar biasa kabar gembira ini. Manusia tidak luput dari dosa dan kesalahan, baik yang disengaja maupun tidak. Namun untuk orang yang bertakwa, Allah akan mengampuninya, ditambah pahala-pahalanya dilipatgandakan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Kelima, QS. Al-Baqarah (2:282) Allah mengatakan bahwa, “bertakwalah kepada Allah dan Allah mengajarimu.”Tidak ada satu pun manusia yang semua hal ia kuasai dan pahami dengan keterbatasan ilmunya. Maka dari itu, Allah yang mengajarkan langsung, khusus untuk orang yang bertakwa. Keren, kan?

Keenam, dalam surat lainnya yaitu QS. Al-Araf (7:96) Allah mengatakan, “jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi.” Ayat ini sangat relevan dengan keadaan kita di masa wabah Covid-19. Mari kita bertakwa kepada Allah, sebab Allah akan melimpahkan berkah dari langit dan bumi bagi orang-orang yang beriman dan bertakwa.

Ketujuh, QS. Az-Zumar (39:73) dikatakan, “dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhan dibawa ke dalam syurga berombong-rombongan (pula). Sehingga apabila mereka sampai ke syurga itu sedang pintu-pintunya telah terbuka dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: ‘Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu. Berbahagialah kamu! maka masukilah syurga ini, sedang kamu kekal di dalamnya’.”

Sesungguhnya masih banyak kabar gembira dari takwa. Atas keterbatasan penulis hanya menampilkan tujuh kabar gembira di atas.

Allah Maha Pemurah, dan diberikan-Nya kepada kita pengetahuan tentang kabar gembira dari takwa. Tidak ada satu kebahagiaan yang hakiki yang datang, melainkan itu datangnya dari Allah. Di bulan suci ini, mari kita berlomba-lomba menjadi orang yang bertakwa.

Lantas, pertanyaannya adalah, apa dan bagaimana menggapai takwa? (bersambung).

Oleh: Deden Mauli Darajat

Dosen Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Jakarta

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya