Turun Tangan Sterilkan Ka'bah, Imam Masjidil Haram Al Sudais Gunakan Teknologi Ozon

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 29 April 2020 05:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 29 614 2206428 turun-tangan-sterilkan-ka-bah-imam-masjidil-haram-al-sudais-gunakan-teknologi-ozon-1O4geZGXfI.jpg Imam Besar Masjidil Haram Al Sudais. Foto diambil dari Alarabiya/Twitter

Imam Besar Masjidil Haram Sheikh Abdul Rahmad Al-Sudais ikut turun tangan mensterilkan Kak'bah di Masjidil Haram, Mekkah, saat pandemi virus corona atau COVID-19 melanda.

Sheikh Abdul Rahmad Al Sudais beserta rombongan menggunakan alat canggih yang disebut dengan istilah 'Ozone tech' atau teknologi ozon. Cara kerja alat ini yaitu memproduksi ozon menggunakan oksigen alami yang terdapat di udara, kemudian dipakai sebagai disinfektan pembasmi virus corona di permukaan Ka'bah.

Untuk diketahui gas ozon atau juga dikenal dengan istilah trioksigen, karena terdiri dari tiga jenis atom oksigen, diklaim mampu membunuh mikroorganisme seperti bakteri dan virus yang sifat oksidasinya kuat.

Penelitian telah membuktikan ozon dapat menjadi disinfektan yang efektif, baik di udara maupun di dalam air. Hal ini berdasar dari hasil uji coba sejumlah ahli yang diketahui menggunakan gas ozon untuk membunuh bakteri E.coli.

Teknologi ozon juga dimanfaatkan sebagai disinfektan saat mensterilkan tempat-tempat yang telah terkontaminasi virus SARS.

Selain ampuh membunuh bakteri dan virus, keunggulan teknologi ozon terletak pada sifatnya yang tidak meninggalkan residu seperti disinfektan berbahan kimia pada umumnya. Dalam arti lain, gas ini merupakan alat yang paling efisien dan aman untuk menjalankan protokol disinfeksi dan sterilisasi di tempat-tempat yang ramai dikunjungi banyak orang.

Menurut laporan Al Arabiya, Rabu (29/4/2020), teknologi ozon telah digunakan untuk mensterilkan seluruh permukan Masjidil Haram. Dengan demikian diharapkan para jamaat yang nantinya akan melaksanakan ibadah di tempat suci tersebut dapat terhindar dari paparan virus corona.

Sebelumnya Arab News juga melaporkan Imam Besar Al-Sudais ikut menstreilkan Kak'bah. Hal tersebut dilakukan sang Imam karena hatinya terketuk setelah melihat petugas kebersihan Masjidil Haram yang harus bekerja ekstra sejak adanya wabah virus Corona.

(abp)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini