Masjidil Haram Segera Dibuka, Imam Besar Al Sudais: Hari-Hari Itu Akan Tiba

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Kamis 30 April 2020 07:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 30 614 2207019 masjidil-haram-segera-dibuka-imam-besar-al-sudais-hari-hari-itu-akan-tiba-xbk92a9Fag.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

Sempat ditutup guna menghindari virus corona (COVID-19), salah satu tempat paling suci di dunia bagi umat Islam, yaitu Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi, akan segera dibuka. Meski belum ada kepastian soal waktu, Imam Besar Masjidil Haram Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais mengatakan pembukaan dilakukan dalam waktu dekat.

Ia mengatakan pembukaan Masjidil Haram merupakan kabar baik bagi seluruh umat Islam. "Hari-hari itu akan segera tiba, ketika kesedihan berhasil diusir, dan umat Islam akan kembali ke dua masjid paling suci," ujarnya sebagaimana dilansir dari Saudigazette pada Kamis (30/4/2020).

Jika sudah dibuka, Al Sudais mengatakan Muslim bisa kembali menjalankan ibadah secara normal seperti tawaf, sa'i dan lain-lain.

"Umat Islam akan kembali ke dua masjid paling suci untuk tawaf (mengeliling Ka'bah), sa'i (ritual berlari kecil sebanyak tujuh kali dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah dan sebaliknya), serta shalat di Al-Rawdah Sharif dan menyapa Nabi Muhammad SAW," tuturnya.

Sebelumnya desas desus bakal dibukanya Masjidil Haram diunggah akun Facebook dan Twitter Haramain Harifain. Kemudian laman theislamicinformation pada Rabu 29 April 2020 juga mengabarkan lockdown di tempat suci tersebut akan cabut.

Namun pembukaan Masjidi Haram baru bisa terlaksana setelah Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi melakukan sterilisasi serta memastikan seluruh area aman dari paparan virus corona atau COVID-19.

Untuk diketahui pada Selasa 28 April 2020 Imam Besar Masjidil Haram Syeikh Abdurrahman Al Sudais beserta rombongan telah melakukan upaya sterilisasi di seluruh area Masjidil Haram, tak terkecuali Ka'bah.

Mereka menggunakan alat khusus yang dikenal dengan istilah teknologi ozon untuk memastikan proses disinfeksi berjalan efektif. Penelitian telah membuktikan ozon dapat menjadi disinfektan yang efektif, baik di udara maupun di dalam air.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya