Share

Taubat Nabi Yunus Setelah Meninggalkan Umatnya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 08 Mei 2020 10:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 08 614 2210898 taubat-nabi-yunus-setelah-meninggalkan-umatnya-9RWlOJ5rK7.jpg Ilustrasi. (Freepik)

SETIAP Nabi diberikan keistimewaan oleh Allah SWT, tapi tetap saja mereka adalah manusia. Akan ada kesalahan yang diperbuat, meski Allah segera mengampuni dan melindungi mereka dari mara bahaya.

Begitu juga dengan Nabi Yunus AS. Ia merupakan sosok religius yang sangat taat beribadah pada Allah SWT. Tak pernah sekalipun Nabi Yunus lepas berdoa pada Allah SWT. Namun Nabi Yunus pernah meninggal umatnya.

Ya, dikatakan dalam buku Kisah-Kisah 25 Nabi dan Rasul karya Ali Nurfadhilah, kaum Nabi Yunus banyak sekali yang berbuat maksiat dan kedurhakaan. Hanya dua orang saja yang mau mengikuti jejaknya beribadah pada Allah SWT.

nabi

Nabi Yunus pun memberikan peringatan pada kaumnya yang durhaka itu untuk kembali ke jalan yang benar dengan bertaubat dalam waktu 30 hari. Jika tetap tidak bertaubat, maka Allah akan menurunkan azab yang begitu pedih.

Imbauan tersebut dianggap angin lalu oleh kaum durhaka. Mereka malah dengan berani menantang Nabi Yunus dan menanti datangnya hari yang dijanjikan tersebut.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Karena putus asa, Nabi Yunus pun meninggalkan kaum dzolim tersebut. Hari ke-30 tidak terjadi apa-apa dan kaum musyrikin itu menyepelekan ucapan Nabi Yunus. Mereka tetap berbuat maksiat dan tak bertaubat.

Sampai akhirnya di hari ke-40, Allah menurunkan azab bagi kaum durhaka tersebut. Datang awan gelap di pagi hari. Siang harinya, mereka melihat cahaya merah seperti api hendak turun dari langit. Melihat hal tersebut, kaum dzolim mencari Nabi Yunus tapi tidak ketemu.

Azab Allah pun berlanjut, bumi bergetar merobohkan rumah-rumah penduduk dan ini membuat umat Nabi Yunus berlarian menyelamatkan diri.

Di sisi lain, Nabi Yunus bersama dua umatnya tengah berlayar di lautan dengan menumpang kapal. Nah, di atas kapal itu rupanya penumpang terlalu padat dan membuat oleng di tengah perjalanan.

Nahkoda kapal memutuskan untuk mengurangi beban pada kapal dan diadakanlah undian. Dalam tiga kali undian, nama Nabi Yunus selalu keluar dan karena itu Nabi Yunus dilempar ke tengah lautan. Sesaat setelah tubuh Nabi Yunus masuk ke laut, seekor ikan paus menelannya.

Di dalam ikan paus, Nabi Yunus memanjatkan doa permohonan taubat karena telah meninggalkan kaumnya. Ia berdoa kepada Allah dan bertaubat. Atas kesungguhannya dalam berdoa dan karena rahmat Allah, Nabi Yunus pun dikeluarkan dari perut ikan paus.

Terlempar tubuh Nabi Yunus di tepi pantai. Saat keluar, tubuhnya dalam kondisi sakit dan lemah. Ia pun berdoa meminta kekuatan dan Allah mengabulkannya. Ya, energi dan stamina Nabi Yunus kembali pulih.

Segera setelah itu Nabi Yunus mendatangi sisa-sisa kaumnya yang sudah menunggu dan ia disambut dengan gembira. Kaum yang ditinggalkan itu pun berjanji untuk mengikuti ajaran Allah SWT seperti apa yang diajarkan Nabi Yunus.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini