Share

Ustadz Felix Siauw Ulas Sejarah Singkat Masjidil Aqsha

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 16 Mei 2020 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 12 614 2212811 ustadz-felix-siau-ulas-sejarah-singkat-masjidil-aqsha-rpbC0tXMNQ.jpg Masjid Al Aqsa (Foto: Lostislamichistory)

MAHA Suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya di malam hari, dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha, yang telah Kami berkahi sekelilingnya - QS 17: 1

Ustadz Felix Siauw mengatakan, banyak yang bertanya apakah dulu di Al-Quds (Baitul Maqdis) sudah ada masjid sebagaimana sekarang? Yang manakah masjidnya? Apakah yang berkubah emas?

โ€œPertama-tama, kita perlu tahu terlebih dulu, bahwa yang dimaksud dengan masjid adalah tempat sujud. Disebut Masjid apabila tempat itu digunakan untuk sujud,โ€ ujarnya sebagaimana dikutip dari akun Instagram pribadinya, @felixsiauw.

Maka penyebutan Masjidil Haram, Masjidil Aqsha, bukan menunjuk pada bangunan, tapi kepada tempat atau wilayah yang telah ditentukan oleh Allah.

Baca Juga :ย Humor Gus Dur: Ustadz Muda dan Perempuan Satu Bus

Kapankah ia dibangun? Dalam Shahih Bukhari dan Muslim diriwayatkan, Abu Dzar bertanya kepada Rasulullah tentang Masjid pertama yang dibangun. Rasul menjawab: "Masjidil Haram".

Abu Dzar bertanya lagi: "Selanjutnya apa?". Rasul menjawab: "Masjidil Aqsha". Abu Dzar bertanya lagi: ''Berapa lama jarak pembangunan keduanya?". Rasulullah SAW berkata: "40 tahun". Begitu kisahnya

Felix Siauw menjelaskan, adapun Masjidil Aqsha adalah sebuah kompleks, yang terdapat di dalamnya beberapa masjid, menara, madrasah, dan juga bangunan-bangunan lainnya.

Baca Juga :ย Kisah Suami Meninggal sambil Baca Al Mulk, Ini Keistimewaannya

Namun yang sering kita lihat yang berkubah emas adalah Kubah As-Sakhra (Kubah Batu), dibangun oleh Khalifah Abdul Malik bin Marwan, Khalifah Umayyah pada 688-691.

โ€œSedang yang beratap abu kebiruan adalah Masjid Al-Qibliy (Masjid Kiblat) awalnya dibangun oleh Khalifah Umar, sedang yang berada di bawah tanah adalah Mushala Marwani,โ€ katanya.

Felix Siauw melanjutkan, kompleks tersebut diyakini pula menjadi tempat Nabi Sulaiman membangun Haikal-nya untuk mengagungkan Allah, sebab sedari dulu, begitulah kisah kompleks Masjidil Aqsha.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini