Ustadz Felix Siauw Ulas Sejarah Singkat Masjidil Aqsha

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 16 Mei 2020 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 12 614 2212811 ustadz-felix-siau-ulas-sejarah-singkat-masjidil-aqsha-rpbC0tXMNQ.jpg Masjid Al Aqsa (Foto: Lostislamichistory)

MAHA Suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya di malam hari, dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha, yang telah Kami berkahi sekelilingnya - QS 17: 1

Ustadz Felix Siauw mengatakan, banyak yang bertanya apakah dulu di Al-Quds (Baitul Maqdis) sudah ada masjid sebagaimana sekarang? Yang manakah masjidnya? Apakah yang berkubah emas?

“Pertama-tama, kita perlu tahu terlebih dulu, bahwa yang dimaksud dengan masjid adalah tempat sujud. Disebut Masjid apabila tempat itu digunakan untuk sujud,” ujarnya sebagaimana dikutip dari akun Instagram pribadinya, @felixsiauw.

Maka penyebutan Masjidil Haram, Masjidil Aqsha, bukan menunjuk pada bangunan, tapi kepada tempat atau wilayah yang telah ditentukan oleh Allah.

Baca Juga : Humor Gus Dur: Ustadz Muda dan Perempuan Satu Bus

Kapankah ia dibangun? Dalam Shahih Bukhari dan Muslim diriwayatkan, Abu Dzar bertanya kepada Rasulullah tentang Masjid pertama yang dibangun. Rasul menjawab: "Masjidil Haram".

Abu Dzar bertanya lagi: "Selanjutnya apa?". Rasul menjawab: "Masjidil Aqsha". Abu Dzar bertanya lagi: ''Berapa lama jarak pembangunan keduanya?". Rasulullah SAW berkata: "40 tahun". Begitu kisahnya

Felix Siauw menjelaskan, adapun Masjidil Aqsha adalah sebuah kompleks, yang terdapat di dalamnya beberapa masjid, menara, madrasah, dan juga bangunan-bangunan lainnya.

Baca Juga : Kisah Suami Meninggal sambil Baca Al Mulk, Ini Keistimewaannya

Namun yang sering kita lihat yang berkubah emas adalah Kubah As-Sakhra (Kubah Batu), dibangun oleh Khalifah Abdul Malik bin Marwan, Khalifah Umayyah pada 688-691.

“Sedang yang beratap abu kebiruan adalah Masjid Al-Qibliy (Masjid Kiblat) awalnya dibangun oleh Khalifah Umar, sedang yang berada di bawah tanah adalah Mushala Marwani,” katanya.

Felix Siauw melanjutkan, kompleks tersebut diyakini pula menjadi tempat Nabi Sulaiman membangun Haikal-nya untuk mengagungkan Allah, sebab sedari dulu, begitulah kisah kompleks Masjidil Aqsha.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya