Tausiyah Ramadhan: Berbaik Sangka terhadap Musibah

Kamis 14 Mei 2020 18:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 14 330 2214023 tausiyah-ramadhan-berbaik-sangka-terhadap-musibah-IGF6J6NWsd.jpg Berbaik Sangka terhadap Musibah. Saatnya Bertaubat di Bulan Ramadhan (Foto: Feri Usmawan/Okezone)

Pembaca yang berbahagia. Ramadhan kali ini cukup spesial, karena bertepatan dengan musibah yang melanda warga dunia. Tidak ada musibah di dunia ini yang tidak diketahui dan pasti dengan seizin Allah SWT. Termasuk pandemi corona atau Covid-19.

Allah sangat mudah untuk melakukan apa pun. Jangankan musibah yang melanda semua negara di dunia ini, daun yang jatuh saja Allah pasti mengetahuinya. Bahkan binatang kecil dalam perut bumi juga pasti Allah mengetahui. Maha suci Allah.

Ayat tentang musibah banyak tertulis dalam Alquran. Dalam tulisan ini terfokus pada QS Al-Hadid (57:22). Bahwa, Allah Berfirman, tiada musibah yang menimpa di bumi dan pada dirimu melainkan telah tertulis dalam kitab (lauhul mahfudz) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu mudah bagi Allah.

Dengan demikian musibah apa pun yang terjadi di muka bumi ini pasti sudah dirancang sedemikian rupa untuk manusia. Bukan tanpa tujuan. Semua yang Allah tetapkan pasti tujuan yang baik, bagi manusia yang beriman dan berbaik sangka kepada Tuhannya. Begitupun dengan musibah Covid-19 ini.

Ayat selanjutnya dalam QS. 57:23 Allah menjelaskan bahwa (musibah yang terjadi itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput darimu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri.

Lihatlah baik-baik ayat di atas. Pelajaran terbesar dari musibah adalah Allah ingin segala sesuatu yang terjadi ini dikembalikan kepada-Nya. Karena, kerap kali kita lupa akan kehadiran Allah ketika kita sedang dalam keadaan normal.

Kita baru teringat akan adanya Allah ketika datang musibah dan kemudian berdoa dengan sungguh-sungguh. Allah Maha Penyayang, ini pasti, dan Allah telah mengingatkan kita akan hakikat kehidupan ini, dengan diturunkannya musibah Covid-19.

Maka pertanyaan selanjutnya adalah apa yang kita harus lakukan agar kita merasa tenang di tengah Covid-19 ini? Jawabannya ternyata di ayat sebelumnya yaitu QS. 57:21. Bahwa Allah berfirman, berlomba-lombalah kamu dalam mendapatkan ampunan dari Tuhanmu. Ini jawaban yang luar biasa keren.

Kita diminta sama Allah untuk bertaubat dengan sesegera mungkin. Bukan hanya seorang, melainkan banyak orang untuk berlomba dalam mendapatkan ampunan. Artinya bahwa untuk mengenyahkan musibah Covid-19 ini adalah dengan cara kita harus banyak-banyak beristighfar, meminta ampunan, memberbanyak taubat, dan mendekatkan diri kepada Allah Sang Sencipta virus dan sekaligus yang mematikan virus. 

Tulisan ini merupakan sebuah ajakan untuk siapa saja, termasuk penulis, agar selalu bertaubat dan meminta ampunan kepada Allah atas semua dosa yang telah diperbuat, baik yang disadari maupun yang tidak disadari.

Kita, pada akhirnya, menemukan momentum yang paling berharga yaitu bulan Ramadhan, di mana doa diijabah, pahala dilipatgandakan dan kebaikan tersebar di mana-mana. Mari berbuat baik untuk sesama, berbaik sangka kepada Allah terhadap apa yang menimpa dan luput dari kita, dan berlomba-lomba dalam menggapai ampunan-Nya di bulan yang penuh berkan ini.

Oleh: Deden Mauli Darajat

Penulis adalah dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya